Trendings

Tidak Kunjung Diperbaiki, Akses Menuju Objek Wisata Jembatan Akar di Pessel Ambruk

Tidak kunjung mendapatkan perhatian dari pihak Pemerintah, Jembatan menuju objek wisata Jembatan Akar di Nagari Puluik-Puluik, Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) ambruk saat dilalui truk bermuatan berat.

Menurut informasi yang diterima Covesia.com, jembatan itu, ambruk saat dilalui oleh truk pengangkut material pasir pada Rabu (11/12/2019) sore.

“Sebenarnya, jembatan itu sudah rusak sejak lama. Wajar saja ambruk saat dilalui truk bermuatan berat. Apalagi dengan kondisi lantai jembatan terbuat dari kayu,” sebut warga setempat Ambril (45) pada Covesia.com, Kamis (12/12/2019)

Ia menerangkan, kondisi jembatan itu sebenarnya, sudah rusak parah sejak beberapa tahun lalu dan satu persatu lantai jembatan yang terbuat dari kayu itu, sudah mulai lapuk dan berlubang.

“Memang sudah lama, dan jembatan itu tidak pernah di perbaiki. Palingan, kalau ada papannya patah di perbaiki sedikit oleh masyarakat,” ujarnya.

Melihat kondisi seperti ini, seharusnya kata Ambril jembatan itu dibuat permanen atau jembatan besi.

Sebab, akses tersebut merupakan jalan utama yang harus dilalui masyarakat setempat tiap harinya. Begitu juga bagi pengunjung yang ingin berwisata ke Jembatan Akar dan Air Terjun Bayang Sani.

“Kita berharap dari kejadian robohnya lantai jembatan akibat truk kemarin, pemerintah segera mengupayakan membangun jembatan permanen disini,” harapnya.

Sementara warga lain Idrus (34) mengatakan, bahwa kondisi jembatan ini sudah cukup parah sehingga saat menempuh jembatan kita mesti berhati-hati.

“Kalau malam melewati jembatan kita harus hati-hati, karena hampir sebagian lantai kayu jembatan berlobang dan tergelupas,” katanya.

Kemudian, Darmawan (63) mengatakan dan meminta kepada pemerintah, memang serius memperhatikan objek wisata, sebeb jembatan menuju ke objek wisata jembatan akar terlihat diabaikan begitu saja.

“Ya, jika pemerintah peduli dan serius dalam mengembangkan objek wisata. Pemerintah harus memperhatikan lebih kondisi jembatan ini. Jangan dibiarkan dulu hancur baru di perbaiki,” katanya.

Warga berharap pemerintah untuk secepatnya memperbaiki jembatan tersebut, karena sebentar lagi memasuki liburan tahun baru yang bakal dipadati pengunjung dari dalam dan luar provinsi.