Nasional Politik Trendings

Survei: Elektabilitas Gibran Masih Kalah dari Achmad Purnomo di Solo

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meramaikan kontestasi Pemilihan Wali Kota Solo 2020. Maju sebagai bakal calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan, elektabilitas Gibran masih kalah dari seniornya Achmad Purnomo.

Purnomo merupakan calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo. Temuan itu didapat dari survei yang dilakukan Median yang dilakukan sejak 3 Desember hingga 9 Desember.

Dalam temuan itu 800 responden yang terlibat dalam survei tersebut mengikuti metode pertanyaan terbuka untuk menentukan sosok wali kota yang diinginkan. Dari hasil top of mind yang diperoleh dari ratusan responden tersebut, Achmad Purnomo dipilih sebagai wali kota Solo oleh 40,9 persen responden.

Meski demikian Purno saat ini menjabat sebagai wakil Wali Kota Surakarta sejak 2016 lalu. Ini merupakan jabatan Purnomo yang kedua kalinya karena ia pernah juga menjabat pada 2013 hingga 2015.

Gibran mendapatkan posisi kedua setelah dipilih oleh 19,1 respoden sebagai calon wali kota Solo yang diinginkan. Kemudian nama lainnya yang juga dipilih yakni Budi Prasetyo sebesar 3,8 persen, Teguh Prakorsa sebanyak 3,4 persen, Sugeng Riyanto sebesar 2,0 persen.

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meramaikan kontestasi Pemilihan Wali Kota Solo 2020. Maju sebagai bakal calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan, elektabilitas Gibran masih kalah dari seniornya Achmad Purnomo. (Suara.com/Ria Rizki)
Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meramaikan kontestasi Pemilihan Wali Kota Solo 2020. Maju sebagai bakal calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan, elektabilitas Gibran masih kalah dari seniornya Achmad Purnomo. (Suara.com/Ria Rizki)

Keudian ada nama Ravik Karsidi, Abdul Kharim atau Gus Kharim, dan Kaesang Pangarep yang dipilih 0,1 persen responden sebagai top of mind. Sementara itu ada 30,5 persen responden yang memutuskan untuk tidak memilih.

Selain itu tingkat kepopuleran Gibran di kampung halamannya sendiri pun masih kalah dari Achmad Purnomo.

“Pertama Achmad Purnomo Wakil Wali Kota saat ini 94,5 persen. Kedua Gibran 82,3 persen,” kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat menyampaikan paparan hasil surveinya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Kedua nama tersebut disusul oleh tiga nama lainnya seperti Teguh Prakosa yang dipilih oleh 50 persen responden, Dinar Retna Indrasari yang dipilih 41,9 persen dan Paundrakarna Sukmaputra yang dililih oleh 40 persen responden.

Survei tersebut dilakukan dengan menggunakan sampel yang dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Adapun margin of error survei tersebut ialah 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.