Daerah Ekonomi Entertainment Trendings

Kembalikan Gezah Maninjau, KPGH Agam Gelar Festival Rinuak

Rinuak merupakan hewan endemik Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), beragam jenis kuliner lezat bisa diciptakan menggunakan spesies ikan berukuran kecil tersebut.

Sebagai ajang promosi pariwisata, Komunitas Pemuda Generas Hamka (KPGH) Tanjung Raya gelar Festival Rinuak Danau Maninjau yang akan dilaksanakan pada 31 Desember mendatang.

Koordinator KPGH Tanjung Raya, Yudi Yudistira mengatakan, Ada tiga jenis lomba dalam festival tersebut, seperti menangguak rinuak, memasak rinuak dan teknik penggunaan biduak selain itu juga dimeriahkan dengan lomba mencari pensi, memasak pensi dan edukasi lingkungan dan kelestarian ikan endemik Danau Maninjau.

“Pesertanya festival adalah masyarakat Jorong Batung Panjang, nantinya seluruh peserta akan dibagi menjadi 9 kelompok. Masing-masing kelompok mengikuti semua perlombaan yang dilaksanakan,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Selasa (17/12/2019).

Dilanjutkan Rudi, selain sebagai sebagai promosi wisata, festival rinuak ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam memelihara danau maninjau.

MInimnya pengembangbiakan rinuak, membuat jumlahnya semakin menipis.

“Sebagai hewan endemik yang keberlangsungannya mulai terancam, perlu adanya upaya penyelamatan dan pelestarian, dengan kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga populasi rinuak,” terang Rudi.