Kesehatan Trendings

6 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Sariawan

Manfaat belimbing ternyata sangatlah banyak untuk kesehatan manusia. Dalam bahasa inggris, belimbing dikenal dengan nama star fruit. Buah ini memang sangat populer di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia, keberadaan pohon buah belimbing tak sukar untuk ditemukan. Biasanya, buah belimbing merupakan salah satu buah yang terdapat pada menu rujak buah.

Banyak juga orang yang membuat jus dengan bahan buah belimbing, ini karena rasa kesegaran dan cita rasanya yang enak. Jika pengupasan bagian kulit pada beberapa buah membuatnya akan lebih nikmat dikonsumsi, ini tak berlaku pada buah belimbing.

Anda bisa memakan buah belimbing tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu, karena bagian kulitnya memiliki manfaat dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih segar. Buah belimbing merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin C dan juga serat. Kandungan protein, vitamin B5, tembaga, magnesium, kalium dan mineral juga terkandung di dalam buah belimbing.

Istimewanya, buah belimbing adalah buah dengan kandungan kalori yang rendah. Banyaknya nutrisi dalam buah belimbing membuatnya memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi tubuh. Apa saja? Berikut adalah rangkuman tentang manfaat belimbing untuk kesehatan yang sudah Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

  • Obati Sariawan

Seseorang yang sedang dalam keadaan sariawan akan sangat terganggu kenyamanannya. Sariawan adalah gangguan kesehatan pada rongga mulut yang membuat Anda susah berbicara, susah makan, bahkan tersenyum. Namun tahukah Anda? Gangguan rongga mulut ini ternyata bisa diobati dengan menggunakan buah belimbing. Sebab, belimbing mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga juga bisa mengobati panas dalam.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah belimbing dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar gula darah, karena dia memiliki kandungan serat yang mampu mencegah pelepasan glukosa ke dalam aliran darah ketika selesai makan. Tak hanya itu, buah ini juga mampu menjadi pengontrol kadar insulin yang ada dalam tubuh Anda. Bagi penderita diabetes, buah belimbing adalah salah satu buah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi.

  • Tingkatkan Kepadatan Gigi dan Tulang

Meningkatkan kepadatan gigi dan tulang adalah salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi buah belimbing. Tulang dan gigi merupakan bagian yang harus dijaga kekuatan serta kepadatannya, karena tulang merupakan penopang tubuh untuk beraktivitas, sedangkan gigi Anda gunakan untuk mengunyah makanan. Kandungan magnesium, zat besi, fosfot, kalsium dan seng di dalamnya sangat efektif untuk menjaga serta meningkatkan kepadatan gigi juga tulang.

Pelihara Kesehatan Jantung

Organ yang paling terpenting dalam tubuh Anda adalah jantung. Dengan begitu kesehatannya adalah hal terpenting untuk selalu dijaga. Dengan mengonsumsi buah belimbing Anda dapat memelihara kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam buah belimbing dipercaya mampu menyingkirkan plak pada pembuluh darah Anda, sehingga peredaran darah menjadi lancar di seluruh organ tubuh, salah satunya jantung.

  • Turunkan Berat Badan

Kandungan serat dan rendahnya kalori dalam buah belimbing dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan agar sisa makanan tidak tertimbun di dalam tubuh Anda. Sehingga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, buah belimbing cocok untuk dikonsumsi.

  • Antikanker

Sifat antikanker pada buah belimbing membuatnya dapat mencegah penyakit kanker, sifat tersebut berasal dari kandungan flavonoid polifenol. Ini juga dapat melawan serta menangkal efek mutagenik yang menjadi penyebab terjadinya radikal bebas. Antioksidan yang juga terkandung dalam buah belimbing ini mampu membunuh sel jahat penyebab kanker secara ampuh.