Nasional Peristiwa Trendings

Buang Limbah B3 di Permukiman, 2 Pengusaha di Karawang Ditangkap Polisi

Satreskrim Polres Karawang, menahan 5 unit kendaraan truk colt disesel yang mengangkut limbah B3 jenis Slidge IPAL, yang duga milik PT RPW dan PT LSA dibuang di lahan kosong perumahan di area permukiman warga di Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari, Karawang.

“Kita amankan 5 unit truk bermuatan limbah B3 jenis sluge,” kata Kasatreskrim Polres Karawang, Bimantoro Kurniawan, Jum’at (20/12).

Selain mengamankan kendaraan pengangkut limbah B3, polisi juga mengamankan dua orang tersangka yang diduga pemilik transporter limbah B3 dari pabrik yang diduga membuang limbah B3 di lingkungan perumahan.

“Selain mengamankan barang bukti kendaraan berisi limbah B3, juga dua orang pemilik transporter,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan menegaskan pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada perusahaan yang menimbun dan membuang limbah B3 di lingkungan terbuka pemukiman warga, dengan sanksi berat pembekuan dan pencabutan izin perusahaan.

“Perusahaan penimbun limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) akan diberi sanksi tegas dengan dicabut ijinnya,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Wawan, lokasi pembuangan dan penimbunan limbah B3, harus dilakukan clean up lingkungan yang menjadi tempat penimbunan limbah B3, karena dalam jangka lama air di lokasi pembuangan akan berdampak pada warga .

“Lingkungan penimbunan limbah B3, harus segera diclean up,” tutupnya.