Artikel Daerah Trendings

Satu Kuncup Bunga Raflesia di Agam Mekar Sempurna

Satu kuncup bunga Raflesia mekar sempurna di Jorong Data, Simpang dingin, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Unit Pengendali Ekosistem Hutan, (PEH) BKSDA Agam, Ade Putra mengatakan, bunga langka tersebut berjenis Raflesia Arnoldi dan saat ini dalam kondisi mekar sempurna pada hari ketiga.

“Bunga ini mekar dengan diameter, 70 Cm dan di sekitar lokasi juga ada lima buah knop yang diperkirakan akan mekar selama dua bulan kedepan serta 3 buah knop yang sudah melewati fase mekar sempurna,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Minggu (22/12/2019).

Dijelaskan Ade Putra, titik tumbuhnya bunga langka ini merupakan lokasi kedua di Jorong Data Simpang Dingin, dan hanya berjarak 100 meter dari lokasi pertama.

“Untuk di titik pertama kita juga menemukan 3 kuncup Raflesia masih dalam bentuk bongkolan sebesar bola takraw dan diperkirakan akan mekar sempurna dalam dua atau tiga bulan kedepan,” lanjutnya.

Untuk menjaga habitat bunga BKSDA sudah memasang plang peringatan disekitar lokasi serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk tidak mengganggu maupun merusak bunga.