Nasional Peristiwa Trendings

Gegana Polda Sumbar Sterilisasi Gereja di Padang Sore ini

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan bahwa sterilisasi gereja di Kota Padang Sumbar dilakukan pada sore hari ini, Selasa (24/12/2019), sekitar 17.00 WIB.

Sterilisasi gereja dilakukan oleh tim Gegana Brimob Sumbar. Sterilisasi gereja di Padang dilakukan pada gereja dengan kapasitas besar, seperti Gereja Katedral, Gereja Maria, dan lainnya.

“Informasi gereja yang besar semua,” ujarnya.

Stefanus mengatakan, jika memungkinkan, maka gereja-gereja yang berukuran kecil di Kota Padang juga akan dilakukan sterilisasi.

Berdasarkan pantauan Covesia.com di Gereja Katedral St Theresia, personel Gegana Brimob Polda Sumbar mulai datang sekitar 17.00 WIB. Jumlah mereka ada 10 orang.

Mereka melakukan sterilisasi dan penyisiran di sejumlah sisi di dalam gereja, seperti bangku, ornamen, dan altar gereja.

Selain itu, mereka juga melakukan sterilisasi dan penyisiran di bagian luar gereja seperti kamar mandi dan panggung perayaan natal. Mereka juga membawa alat deteksi bom.

Dalam proses sterilisasi, personel Gegana Polda Sumbar, tidak menemukan benda mencurigakan di bagian dalam maupun luar gereja.

Selain oleh tim gegana, pengamanan juga dilakukan oleh personel Ditpamobvit Polda Sumbar. Jumlah personel ada 20 orang.

Mereka melakukan pemeriksaan yang disebut dengan security door di gerbang masuk Gereja Katedral St. Theresia.

Pemeriksaan oleh Ditpamobvit Polda Sumbar juga dimulai sekitar 17.00 WIB.

Selain itu, di depan Gereja Katedral St. Theresia, juga ada pos Operasi Lilin, guna pengamanan peringatan Natal dan Tahun Baru.

Kapolres Kota Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan melalui telepon kepada Covesia mengatakan, bahwa ada 421 personel yang dikerahkan oleh Polresta Kota Padang untuk melakukan pengamanan perayaan Natal.

“Di semua titik pengamanan, gereja, jalan, dan sebagainya,” ujarnya.

Pengamanan ini dilakukan sampai tanggal 2 Januari 2020. “Kalau kita tugasnya, menjaga keamanan. Insyaallah semua dalam keadaan kondusif,” ujarnya.