Entertainment Nasional Trendings

Polisi: H-2 Jelang Tahun Baru Puncak Kepadatan Arus Lalu Lintas di Bukittinggi

Kepolisian resor kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) memprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas di kota itu akan terjadi pada H-2 jelang tahun baru.

“Kepadatan arus lalu lintas di Bukittinggi jelang pergantian tahun baru diprediksi akan terjadi pada H-2,” ungkap Waka Polres Bukittinggi, Kompol Sumintak, Selasa (24/12/2019).

Ia menjelaskan kendaraan yang datang dari luar kota akan memadati kota Bukittinggi untuk liburan akhir tahun.

Nantinya pihak kepolisian akan memberlakukan jalur putar arah bagi kendaraan yang ingin menuju kota Padang, dan Payakumbuh agar tidak masuk kota lagi.

“Nantinya kendaraan yang datang dari arah Padang menuju Payakumbuh, akan diarahkan belok kanan arah simpang Koto Baru, Tanah Datar dan tembus di simpang Tajung Alam. Begitu juga sebaliknya kendaraan yang hendak ke Padang dari arah Payakumbuh akan dkarahkan belok kiri simpang Tannung Alam tembus di simpang Koto Baru,” jelasnya.

Untuk untuk kendaraan yang datang dari arah Maninjau ada dua jalur alternatif, pengendara bisa melewati jalur Fanta dari arah Matur tembus di simpang atas ngarai Bukittinggi dan diarahkan menggunakan jalur simpang Gadut melewati by pass Gulai Bancah. Sedangkan untuk arah dari Balingka, pengendara bisa menggunakan jalur lurus arah Kubang Putiah dan tembus di simpang Tanjung Alam.

“Untuk kendaraan yang masuk kota aka dibatasi agar tidak terjadi kemacetan dalam kota dan sejumlah kendaraan akan diarahkan menggunakan jalur alternatif lain,” ujarnya.

Ia menambahkan petugas kepolisian akan disiagakan di pintu masuk kota yang sering mengalami kemacetan seperti simpang Tanjung Alam, By pass Mandiangin, Padang Luar, Jambu Air, Atas Ngarai dan simpang Gadut.

Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Partahian Pane menyebutkan pihaknya menurunkan 300 lebih personil untuk mengamankan operasi lilin singgalang 2019 dengan 7 Pos pelayanan.

“Ada 7 pos yang disiagakan diantaranya 1 pos terpadu di kawasan Jam Gadang, 1 pos pelayan d simpang Kangkuang dan 5 pos pengamanan mulai dari simpang Mandingin, Ampek Angkek, Padang Luar, Baso, dan Palupuah,” sebutnya.