Nasional Politik Trendings

Jokowi Siapkan 3 Perpres untuk KPK

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut Presiden Jokowi saat ini tengah menyiapkan 3 Peraturan Presiden (Perpres) terkait KPK. Perpres tersebut imbas UU nomor 19 Tahun 2019 atau UU KPK versi revisi.

Dia menyebut 3 perpres yang disiapkan Jokowi mengatur tentang Dewan Pengawas, organisasi KPK, hingga status para pegawai KPK yang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Apa pun yang dalam aturan main kita, termasuk perpres yang berkaitan dengan KPK, itu kan ada 3. Satu yang mengatur Dewas, satu mengatur mengenai organisasi karena ini menyangkut UU yang baru, dan satu lagi mengenai perubahan menjadi ASN,” kata Pramono di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12).

Pramono Anung, Raker komisi II DPR
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung

Politikus PDIP ini menampik langkah yang diambil Jokowi itu bukan melemahkan KPK. Justru, menurut dia, memperkuat lembaga antirasuah tersebut.

“Apa pun yang dilakukan tidak mungkin bertentangan dengan UU itu, pengaturan dalam perpres. Dengan demikian tidak ada niat, iktikad, atau apa pun dalam pemerintah untuk melemahkan KPK. karena bagi pemerintahan ini, dengan KPK yang kuat,” ujarnya.

Ia mencontohkan penunjukan para anggota Dewas beberapa hari lalu menurutnya merupakan bentuk penguatan KPK. Baginya, para anggota Dewas merupakan tokoh-tokoh yang mumpuni di bidang masing-masing.

“Karena pemerintahan Presiden Jokowi ini betul-betul menginginkan, mengharapkan bisa bekerja dengan baik, tapi juga persoalan penegakan terhadap antikorupsi itu tercerminkan,” ujarnya.

“Maka dipilihlah, salah satunya, dewas-dewas yang mempunyai kredibilitas yang tidak diragukan lagi,” tandasnya.