Kesehatan Trendings

5 Nutrisi yang Bisa Memperbaiki Mood, Menurut Sains

Bagi sebagian orang, makan lebih banyak merupakan cara untuk meningkatkan kondisi perasaan atau mood. Rupanya hal ini ada benarnya. Menurut para ahli diet, makanan yang Anda makan memang memiliki peran penting dalam mengolah perasaan Anda.

Ahli diet dari Program Manajemen Berat Badan dan Obesitas Michigan Medicine, Catherine Nay dan Megan Brown, mengatakan bahwa makanan dan minuman yang Anda konsumsi secara positif daat mendukung suasana hati dan kesejahteraan Anda secara utuh.

Berikut adalah daftar nutrisi yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan suasana hati, seperti dilansir dari Futurity, 26 Desember 2019.

1. Tryptophan

Kalkun, kacang, susu salmon, telur, produk kedelai dan bayam adalah beberapa sumber tryptophan, sebuah asam amino esensial.Tubuh tidak dapat memproduksi asam amino esensial sendiri, sehingga Anda harus mendapatkannya dari sumber makanan.

Tryptophan juga merupakan prekursor serotonin, sebuah neurotransmitter penting yang berperan untuk membantu tidur, nafsu makan, dan kontrol impuls.

2. Magnesium

Selain tryptophan, makanan yang mengandung magnesium yang tinggi juga bermanfaat untuk membantu mengurangi kecemasan saat tidur. Sumber magnesium dapat Anda temukan dalam kacang-kacangan termasuk produk olahannya, dan juga biji-bijian

3. Fitonutrien

Makanan dengan tinggi gula dapat meningkatkan gula darah Anda, dan itu berbahaya bagi penderita diabetes. Namun, tubuh manusia juga tidak boleh kekurangan kada gula darah, karena dapat membuat mood jelek.

Nay menyarakan untuk memilih buah atau cokelat hitam secara tidak berlebihan, untuk menjaga kadar gula darah tetap sesuai porsinya. “Buah berry mengandung fitonutrien yang membantu melindungi otak dari dampak stres,” kata Nay.”Cokelat hitam juga mengandung cocoa flavanols, antioksidan yang terbukti mengurangi peradangan dan depresi,” imbuhnya.

4. Asam lemak Omega-3

Mirip dengan fitonutrien, asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon, sarden, trout danae, dan tuna albacoren juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh Anda.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua kali seminggu. Namun, pilihan lain jika Anda tidak menyukai ikan adalah biji rami, biji chia, dan kacang walnut.

5. Polifenol

Meskipun diet minuman berkafein sedang digalakkan, tetapi para ahli diet mengakui bahwa kandungan polifenol yang ada di dalam beberapa jenis minuman berkafein sangat baik untuk memengaruhi suasana hati Anda.

“Kafein adalah stimulan, dan dapat memengaruhi setiap individu secara berbeda,” kata Brown. Kopi, teh, dan anggur dalam jumlah sedang mengandung polifenol tumbuhan yang merupakan antioksidan kuat dan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Bila Anda tidak suka minum minuman berkafein, Nay berkata bahwa minum lebih banyak air juga dapat membantu suasana hati Anda, karena dehidrasi ringan sekalipun bisa membuat Anda merasa muram.