Daerah Entertainment Trendings

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Sumbar Diguyur Hujan Pada Malam Pergantian Tahun

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Sumbar, Yudha Nugraha menyebutkan menjelang malam tahun baru 2020, hamper seluruh wilayah Sumatera Barat akan diguyur hujan. Akan terjadi penurunan suhu di sejumlah tempat karena kelembaban udara akibat hujan.

“Sebagian besar wilayah Sumbar menjelang jam perayaan tahun baru 2020 akan hujan. Termasuk penurunan suhu,” kata Yudha kepada Covesia.com melalui seluler, Selasa (31/12/2019).

Disebutkannya, wilayah yang akan dilanda hujan adalah Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Sebagian wilayah Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh.

“Ini daerah yang akan dilanda hujan pada sore dan malam hari. Namun, intensitas hujan akan menurun pada perayaan malam tahun baru. Diperkirakan akan reda pada pukul 23.00 WIB,:” sebutnya.

Namun, untuk wilayah Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman diperkirakan dilanda hujan disaat perayaan malam tahun baru. Bahkan di Alahan Panjang, suhu akan menurun drastic hingga 16 derjat celcius.

“Daerah Solok dan Pasaman mungkin akan hujan disaat perayaan tahun baru. Suhu rata-rata antara 21-23 derjat celcius. Namun untuk di Alahan Panjang bisa mencapai 16 derjat celcius,” katanya.

Termasuk masyarakat yang merayakan malam tahun baru di atas Gunung, diminta untuk berhati-hati. Pasalnya, intensitas hujan cukup tinggi diareal pegunungan. Baik di Marapi, Singgalang, Tandikat, Talang, Sago dan Talamau.

“Bagi para pendaki juga hati-hati. Karena di areal pegunungan curah hujan akan tinggi. Sebaiknya melengkapi diri dengan jas hujan dan peralatan yang bisa menghangatkan tubuh,” ucapnya.