Entertainment Nasional Trendings

Masuki Tahun Baru 2020 dengan Hati dan Pikiran yang Sehat

Setiap tahun baru pastinya setiap orang siap menyusun resolusi. Ada yang menginginkan karier yang lebih baik atau hubungan percintaan dimudahkan. Semua bisa dicapai asal ada niat dan hati yang bersih. Jangan membawa duka lama ke tahun yang baru.

Kamu harus bisa ikhlas dan move on dari semua kesalahan serta masalah yang menimpa selama 12 bulan kebelakang. Ketika sudah tiba di penghujung tahun, kebanyakan orang akan merenungkan apa saja goals yang telah dicapai. Tak jarang, semua masalah dan sakit hati kembali diingat.

Tidak apa melihat ke masa lalu sebagai bentuk apresiasi diri yang sudah sanggup melewati setiap rintangan. Tetapi sebenarnya, apa sih yang harus kamu lakukan sebelum menyambut tahun baru? Simak ulasan berikut.

1. Memaafkan Diri Sendiri

Mulailah dengan memaafkan diri sendiri. (Foto: Pixabay/RondellMelling)

Tidak hanya memaafkan orang-orang yang sudah menyakiti hatimu, kamu juga wajib memaafkan diri sendiri. Maaf karena membiarkan orang lain menyakitimu, maaf karena terlalu memaksakan diri untuk menjadi yang terbaik di mata orang lain, dan maaf karena jarang memikirkan diri sendiri. Di tahun yang baru, coba lah untuk lebih mementingkan diri sendiri dan tidak memedulikan apa kata orang lain.

2. Membangun Hubungan yang Sehat

Singkirkan relasi toxic. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jauhi orang-orang yang ada hanya untuk memanfaatkan dirimu. Sebaiknya kamu lebih mendekatkan diri kepada orang yang senantiasa mendukung dan mau bersama-sama menjadi lebih baik.Tidak ada salahnya menggunakan fitur block pada media sosial untuk menyingkirkan teman yang menjadi duri dalam darah alias toxic!

3. Menemukan Cara untuk Mengusir Stres

Temukan hobi pengusir stres. (Foto: Pixabay/Pexels)

Tidak ada kata terlambat dalam menemukan hobi baru. Kegiatan yang bisa menyenangkan pikiran pastinya ampuh mengusir stres. Temukan hobi baru di penghujung tahun ini dan lakukan secara rutin di tahun yang baru.

4. Perhatikan Kesehatan Mental

Jaga kesehatan mentalmu. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Mulai mencari tahu lebih dalam apa itu kesehatan mental dan bahayanya jika dibiarkan tanpa penanganan khusus. Kalau perlu coba lah untuk konsultasi ke psikiater. Kamu bisa menceritakan masalah hidup dan meminta solusi terbaik.