Daerah Ekonomi Trendings

Hasil Panen Menurun, Harga Jual Cabai Awal 2020 di Kabupaten Agam Alami Kenaikan

Awal tahun 2020, harga jual cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) mengalami kenaikan.

Pantauan Covesia.com di sejumlah pasar di kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan Matur, harga si merah pedas tersebut pada pekan ini rata-rata dijual 50 Ribu- 55 Ribu /kg yang sebelumnya hanya 30 Ribu.

“Cabai merah sedang naik, minggu kemarin kami menjual Rp30 Ribu per kilo, namun minggu naik menjadi Rp55 ribu/kg,” ujar Nita (42) Salah seorang pedagang di Pasar Inpres Padang Baru, Kecamatan Lubuk Basung.

Hal senada juga diungkapkan Rendi (29) Pedagang Sayur dan Rempah di Pasar Matur, dalam sepekan ini kenaikan harga terjadi dua kali, dari Rp30 Ribu, Naik menjadi Rp40 ribu dan hari ini Rp55 ribu,” jelasnya.

Menurut Rendi, meningkatnya harga jual tersebut di picu Berkurangnya hasil panen petani di beberapa kecamatan di Kabupaten Agam seperti Banu Hampu, Sungai Pua dan Kecamatan Matur.

Menipisnya hasil panen memicu pedagang pengumpul di sentral Pasar Sayur Padang Lua, mendatangkan stock cabe dari daerah lain. “Kami pedagang juga tidak boleh mengambil cabe dalam jumlah besar, dan harus memesannya terlebih dahulu,” ulasnya.

Menurut Rendi, kenaikan harga diprediksi akan tetap terjadi untuk beberapa pekan ke depan mengingat curah hujan masih berpotensi terjadi. “Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya akhir tahun hingga 3 bulan ke depan kan musim hujan jadi hasil panen di prediksi akan tetap berkurang,” tutupnya.