Nasional Peristiwa Politik Trendings

Pakar: Peran Pemantau dan Lembaga Survei Penting dalam Mewujudkan Pilkada Berintegritas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar kembali giatkan sosialisasi, kemarin mendatangkan pakar hukum membicarakan pentingnya peran pemantau dan lembagai survei dalam menjaga pilkada berintegritas di Sumbar.

“Pilkada yang adil dan berintegritas tentunya butuh regulasi yang menempatkan semua warga negara secara sama dan menggunakan hak pilihnya,” ungkap pakar hukum tata negara universitas Andalas, Khairul Fahmi saat sosialisasi yang diselenggarakan KPU di salah satu hotel di Padang, Senin (6/1/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa peserta, penyelenggara dan masyarakat termasuk pemantau dan lembaga survei mendukung terlaksananya pilkada yang adil dengan berperan serta mencegah terjadinya pelanggaran dan manipulasi dalam pilkada sesuai peran masing-masing.

Khairul mengatakan peran lembaga pemantau misalnya ialah pemberdayaan. “Lembaga-lembaga pemantau pemilu yang telah ada sejak 1999 berperan melakukan pemberdayaan politik dalam rangka mewujudkan tingkat partisipasi yang tinggi dari rakyat,” terangnya.

Tak hanya itu, peran lembaga pemantau yang lainnya ialah melakukan pemantauan. Kegiatan pemantauan untuk membantu proses pendaftaran pemilih, kampanye, pungut hitung dan kegiatan pasca pemilu.

Peran selanjutnya ialah penjagaan moral. “Dengan adanya lembaga pemantau dapat mendorong penjagaan moral dalam pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil,” tukasnya.

Sedang dalam tahapan pilkada ada lima tahapan yang dilakukan oleh pemantau yakninya, memantau data pemilih dan pencalonan, kampanye, pungut hitung, rekap serta penegakan hukum.

Selain menjelaskan peran lembaga pemantau, peneliti di Pusako Unand ini juga memaparkan peran lembaga survei antaranya ialah pemetaan dukungan Paslon, membantu menjaga orisinalitas hasil pilkada.

“Untuk pengembangan perannya baik pemantau dan lembaga survei bisa melakukan pemantauan praktik dan penegakan hukum money politik dan pemantauan monitoring pemilu di dunia virtual,” tutupnya.