Daerah Nasional Trendings

Proyek Revitalisasi Taman Bunga Diperiksa Jaksa

Setelah menerima adanya pengaduan terkait dugaan korupsi program pengelolaan ruang terbuka hijau pekerjaan revitalisasi taman bunga atau Lapangan Merdeka bernilai hampir Rp2 milyar, tim Kejari Siantar melakukan Pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) dan Puldata (pengumpulan data).

Revitalisasi Taman Bunga yang dikerjakan CV Alti Jadi Atma dengan konsultan pengawas CV PANLINH Tahun 2017 bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Proyek yang dikerjakan berupa pembangunan jalan mengelilingi Taman Bunga yang berada di depan kantor Walikota Pematangsiantar.

Setelah pekerjaan ini dikerjakan mulai 10 Agustus dan berakhir 23 Desember 2017 diduga tidak sesuai bestek. Laporan tersebut telah kami terima dan kami tindak lanjuti.

Demikian diungkapkan Kasi Intel BAS Faomasi Jaya Laia dan Kasi Pidsus Dostom Hutabarat kepada wartawan, Jumat (10/1) saat memeriksa proyek revitalisasi taman bunga bersama ahli Koster Silaen.

Berdasarkan laporan tersebut, tim Kejari telah memeriksa sejumlah orang untuk dimintai keterangan, dan pada hari ini bersama ahli melakukan pemeriksaan fisik di lapangan.

“Koster Silaen merupakan ahli dari Politeknik Medan yang sudah bersertifikasi dalam melakukan penghitungan ataupun menghitung volume pekerjaaan,” jelas BAS

Menurutnya, hasil pemeriksaan akan segera didapatkan untuk selanjutnya dapat ditindak lanjuti. “Jika nantinya ada ditemukan kejanggalan atau kekurangan volume maka kita akan merekomendasikan agar pihak pemborong segera mengembalikan kerugian negara. Jika tidak dikembalikan, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” katanya.