Daerah Entertainment Trendings

Rasakan Kesegaran Berenang Di Permandian Bah Sampuran

Bagi kamu-kamu yang ingi berlibur namun enggan jauh-jauh dan biaya yang sangat murah, apa salahnya mencoba ke tempat permandian alam Bah Sampuran, Nagori Sampuran, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, selain segarnya airnya, kita akan disuguhkan pemandangan area perkebunan.

Lokasi Permandian bah sampuran melalui Kota Siantar bisa kamu tempuh hanya dengan waktu sekitar 20 menit saja, namun sayangnya jalan masuk menuju permandian ini masih belum dibenahi, karena kita harus melalui area perkebunan.

Bah Sampuran Simalungun memiliki panjang dan lebar masing-masing sekitar 20 dan 10 meter. Tidak terlalu besar memang, tetapi ia memiliki daya tarik yang berhasil membuat banyak orang berkunjung. Uniknya, kolam alami yang oleh masyarakat setempat disebut Bah Tio ini berada di area perkebunan kelapa sawit dan pemukiman warga. Dari kriteria lokasi, sudah bisa dibayangkan kesejukannya ya? Selain air yang segar, pohon-pohon sawit yang rimbun membuat suasana di sini teduh dan cukup menenangkan.

Kejernihan air yang ada pada kolam alami ini konon bersumber dari Danau Toba. Sebabnya, di sini ditemukan ikan yang biasa hidup di Danau Toba. Beberapa opini setempat menyebutkan bahwa terdapat terowongan di bagian bawah kolam yang mengalirkan air dari Danau Toba menuju Bah Sampuran. Bagaimana pun cerita-cerita berbau ‘konon’ ini kerap kali hadir sebagai penambah daya tarik dari sebuah tempat wisata.

Di awal disebutkan bahwa Bah Sampuran Simalungun memiliki air yang sangat jernih. Beberapa pengunjung bahkan menyebutnya sebagai kolam dari salah satu merek air mineral. Sumber air yang ada di kawasan ini mengalirkan air jernih sebanyak 15 – 20 liter setiap menitnya. Bahkan, sumber air tersebut dimanfaatkan sebagai suplai air minum tambahan bagi warga yang tinggal di wilayah Simalungun.