Daerah Ekonomi Politik

Pembentukan Pansus Jiwasraya, PKS Jadi Partai Pertama yang Tanda Tangan

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPR menandatangani kesepakatakan pembentukan panitia khusus (pansus) kasus Jiwasraya. Partai berlambang bulan sabit kembar itu menjadi partai pertama yang melakukan hal tersebut.

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyebutkan, pembentukan pansus bagian dari fungsi DPR untuk menyuarakan suara rakyat. Menurutnya hal tersebut sangat penting untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

“Kita adalah penyambung lidah rakyat dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Setelah itu kita akan berkomunikasi dengan fraksi-fraksi, kita akan mengajak bersama-sama menyuarakan dan memperjuangkan kepentingan rakyat ini di ruang parlemen ini,” ujar Jazuli di Ruang Pleno Fraksi PKS DPR, Jakarta, Rabu (15/1).

Nantinya, pansus bukan hanya mengungkap kasus ataupun mencari pelaku utamanya. Pasalnya, akar masalah kasus Jiwasraya ini begitu kompleks.

“Kita ingin mengungkap persoalannya secara transparan dan tuntas. Ini karena menyangkut Jiwasraya ini kan iuran uang warga, jumlahnya Rp 13 triliun lebih,” tambahnya.

Ia pun juga geram melihat ada kasus serupa muncul ke permukaan sebelum permasalah yang lainnya terselesaikan. “Belum lagi kasus Asabri, masih banyak yang harus diungkap agar rakyat tak jadi korban,” sambung dia.

Terkait pembahasan selanjutnya, Jazuli juga menuturkan, fraksinya akan mengunjungi fraksi-fraksi lainnya di DPR yang diharapkan memiliki pemikiran yang sama agar kasus tersebut terungkap.