Daerah Ekonomi Trendings

Alokasi Dana KUR Bank Nagari Lubuk Basung Tahun 2019 Sebesar 87,5 Persen

Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) selama tahun 2019 telah menguncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar 85,7 persen dengan total dana yang terealisasi sebesar Rp 34.354.000.000.

Wakil Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Joni didampingi Kasi Kredit Komersil Febri Doni mengatakan, alokasi tersebut terbilang cukup jauh dari target yakni Rp 40 Milyar.

“Tidak mencapai target namun indeks kemacetan kredit termasuk rendah kurang dari 1 persen. Jumlah alokasi dana juga sudah meningkat dari tahun 2018 lalu yang hanya Rp20 milyar,” ujarnya, Selasa (28/1/2020).

Dikatakan Joni, untuk nasabah KUR di Bank Nagari Cabang Lubuk Basung sebanyak 352 nasabah terdiri dari mikro maupun ritel.

“Alokasi dana KUR di Lubuk Basung masih didominasi untuk usaha dagang, sebesar 70 persen untuk dialokasikan maksimal sebesar Rp50 juta,” lanjutnya.

Tahun 2020, target alokasi dana di Bank Nagari Cabang Lubuk Basung masih Rp40 Milyar dengan ketentuan 60 persen untuk produksi dan 40 persen untuk dagang. Namun perubahan pada 2020 adalah, nasabah diberi keringanan dengan suku bunga sebesar 6 persen/tahun dari sebelumnya sebesar 7 persen.

“Untuk produksi, masih dalam prioritas tinggi. Bagi masyarakat yang ingin mengajukan KUR harus melengkapi beberapa syarat yang ditentukan diantarnya, KTP suami-istri, pas foto, foto kopi KK dan buku nikah. Selain itu, berkas lainnya yang harus dipersiapkan yaitu surat keterangan usaha dari desa, wali nagari, NPWP, dan foto kopi agunan yang akan diajukan serta tidak sedang menikmati kredit lain di Bank Nagari maupun bank lainnya,” tutup Joni.