Daerah Ekonomi Trendings

Sebanyak 21.569 Petani Agam Tercatat sebagai Penerima Kartu Tani

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan saat ini sudah ada 21.569 petani yang tercatat sebagai penerima kartu tani.

Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu mengatakam sebagian petani di Kabupaten Agam, sudah ada yang mengambil kartu tani dan sudah bisa digunakan untuk mengambil pupuk bersubsidi dan fasilitas lainnya.

“Untuk saat ini kita sudah menyerahkan kepada petani di kecamatan IV nagari saat ini sudah diserahkan sebanyak 900 Kartu dan Kecamatan Matur 418 Kartu,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Selasa (28/1/2020).

Untuk mendapatkan kartu tani ini petani harus tergabung atau membentuk kelompok tani, dan pengambilannya harus dilalukan oleh yang bersangkutan dengan membawa KTP asli untuk verifikasi oleh pihak perbankan yang ditunjuk pemerintah.

Dijelaskan Arief Restu kartu tani ini merupakan kartu debit yang multi fungsi sekaligus memuat data lahan, kebutuhan pupuk sehingga memberikan informasi dan monitoring bagi pemda. “Para petani bisa menebus pupuk bersubsidi kepada kios yang ditunjuk dengan menggunakan kartu tersebut,” jelasnya.

Selain itu kartu ini juga bisa dipakai untuk mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan lembaga keuangan yang sudah ditunjuk pemerintah.

“Saat ini NIK yang sudah terimput di system untuk diterbitkan kartu tani sebanyak 21.569 dengan luas lahan 46.837,9 Hektare untuk tiga musim tanam. Kita berharap dengan diterapkannya kartu tani ini pemerintah bisa menyalurkan pupuk bersubsidi dengan tepat dan benar serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.