Internasional Peristiwa Trendings

Air Mata Irwan Berlinang Bertemu 15 Wisatawan China Salat Zuhur di Masjid Raya

Limabelas muslim yang merupakan wisatawan asal Kota Kunming Provinsi Yunan China melaksanakan salat zuhur di Masjid Raya Sumbar, Rabu (29/1/2020). Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga sedang salat zuhur di sana berpapasan dengan para wisatawan tersebut.

“Indak disangajo, melihat mereka salat dan anggap ambo bapak. Buek mato ambo baraie dek nyo (Tidak disengaja, melihat mereka salat dan anggap saya bapak. Mata saya berair dibuatnya),”ujar Irwan.

Saat bertemu dengan para wisatawan asal China tersebut, Irwan meminta maaf atas sambutan yang mereka peroleh selama kunjungan di Sumbar.

“Justru mereka yang minta maaf ke kita karena telah merepotkan dan meresahkan (masyarakat) Sumbar,” kata Irwan.

Saat berbincang dengan para wisatawan, Irwan mengatakan bahwa semua umat Islam itu bersaudara. “Biar dari Kunming atau dari mana saja, sesama muslim itu satu dan bersaudara,” jelasnya.

Kabiro Humas Provinsi Sumbar Jasman Rizal yang menemani Irwan salat di Masjid Raya Sumbar mengaku sedih dengan wisatawan muslim asal China yang berkunjung ke Sumbar.

“Melihat mereka sujud di Masjid Raya, sementara negaranya diisolasi karena virus corona. Dan di Sumbar ditolak pula oleh saudara seakidah mereka, tapi turis muslim ini memahami penolakan yang dilakukan masyarakat di Sumbar,” ujarnya.

Xing (39 tahun) merasa bahagia akhirnya keinginan salat di Masjid Raya Sumbar termegah itu tercapai.

“Cukup berat kunjungi Sumbar ini, tapi semua sirna saat kami bisa salat di sini. Allhamdulillah,” ujar Xing.

Pada saat bertemu dengan 15 wisatawan muslim asal Kota Kunming tersebut, Irwan juga memeluk seorang gadis kecil, anak salah seorang wisatawan.