Daerah Nasional Trendings

Buaya Muncul di Bendungan Irigasi Batang Tongar-Pasbar

Beberapa hari belakangan ini warga Jorong Pinaga, Nagari Aua Kuniang, Pasaman Barat dihebohkan dengan kemunculan Buaya Muara di sekitar bendungan irigasi Batang Tongar.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pasaman yang menerima informasi dari warga setempat bahwa satwa reptil tersebut dijumpai sebanyak tiga ekor.

“Ini merupakan sebuah kejadian yang langka. Sebab kemunculan Buaya Muara itu diperairan irigasi yang tak mungkin terjadi. Hal ini membuat masyarakat khawatir mengingat sebagian besar masyarakat banyak yang beraktifitas disekitar bendungan yang dibangun sejak 1985 tersebut,” terang Kepala BKSDA Resor Pasaman, Ade Putra, kepada Covesia.com, Rabu (29/1/2020).

Pihaknya mengaku sudah melakukan identifikasi dan penyisiran disepanjang Irigasi Batang Tongar-Pasbar sejak hari Selasa (28/1/2020) kemarin.

“Berdasarkan hasil identifikasi lapangan, tim BKSDA hanya menemukan tanda keberadaan jejak satwa langka yang dilindungi tersebut. Berdasarkan ukuran jejak, satwa diduga memiliki panjang dua meter dan hanya menemukan jejak dalam 1 ukuran,” kata Ade Putra.

Pihaknya belum dapat memastikan kenapa satwa buaya muara itu muncul di lokasi tersebut.

“Berdasarkan kondisi topografinya, tipis kemungkinan satwa tersebut migrasi dari muara sampai ke lokasi itu. Apalagi adanya bangunan bendungan air yang cukup tinggi, tentunya akan menghalangi satwa untuk sampai ke arah hulu dari bendungan tersebut,” tambahnya.

Warga setempat kata dia mengaku selama ini dilokasi tersebut tidak pernah dijumpai dan ditemukan buaya.

“Bahkan menurut masyarakat yang tinggal disekitar lokasi, ini adalah kejadian aneh dan pertama kalinya,”ungkapnya.

Tim BKSDA sendiri kata dia yang menyisiri sungai disekitar lokasi kemunculan buaya belum berhasil menemukan individu satwa tersebut.

“Pencarian akan terus dilanjutkan. Agar satwa tersebut bisa secepatnya dievakuasi. Sehingga tidak memakan korban dan warga dapat kembali tenang dalam beraktifitas,” tutupnya.