Nasional Sports Trendings

PSM Pastikan Satu Tempat di Piala AFC 2020

Meski bermain dengan sembilan orang, klub Liga 1 Indonesia PSM Makassar memastikan satu tempat di Piala AFC 2020 setelah menundukkan wakil Timor Leste Lalenok United di leg kedua kualifikasi dengan skor 3-1, Rabu (29/1/2020).

Dua gol PSM dalam laga yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat tersebut dilesakkan Giancarlo Lopes, Ferdinand Sinaga dan Irsyad Maulana. Sementara gol balasan Lalenok dibuat oleh Paulo Freitas.

Adapun dua pemain PSM yang menerima kartu merah dalam pertandingan itu adalah Willem Jan Pluim dan Muhammad Arfan.

Sebelumnya di leg pertama, Rabu (22/7), PSM yang tampil sebagai tim tandang mengalahkan Lalenok dengan skor 4-1.

Dengan demikian, skuat berjuluk Juku Eja berhak mengisi satu tempat di Grup H Piala AFC 2020 bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Filipina) dan Shan United (Myanmar).

Indonesia masih mempunyai satu wakil lagi di Piala AFC 2020, yakni juara Liga 1 Indonesia 2020 Bali United yang berada di Grup G.

Dalam pertandingan di Stadion Pakansari, PSM yang berjuang diiringi dukungan ratusan pendukungnya tampil menggigit sejak menit pertama.

Anak-anak asuh pelatih Bojan Hodak pun berhasil menghadirkan gol pertama di menit kelima melalui Giancarlo Rodrigues yang memanfaatkan umpan Willem Jan Pluim.

Pluim lagi-lagi menjadi arsitek untuk gol kedua PSM yang datang di menit ke-28. Operannya berhasil dikonversi menjadi gol oleh Ferdinand Sinaga.

Sayangnya, Pluim mendapatkan kartu merah, hasil dua kartu kuning, di menit ke-32 setelah melakukan protes terhadap keputusan wasit.

Di babak kedua, PSM harus berlaga dengan sembilan orang setelah Muhammad Arfan mendapatkan kartu merah langsung di menit ke-58 karena melakukan pelanggaran keras terhadap pemain lawan.

Lalenok pun sukses memperkecil kedudukan melalui gol Paulo Freitas di menit ke-60.

Meski ditekan oleh Lalenok, PSM justru dapat menambah gol di menit ke-85 berkat gol dari Irsyad Maulana.

Pertandingan itu pun ditutup dengan skor 3-1 untuk kemenangan tuan rumah PSM Makassar.