Entertainment Internasional Trendings

Wisatawan China Pulang, Ombudsman Imbau Pemerintah Sumbar Tetap Harus Waspada

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumbar, Yefri Heriani mengatakan Turis China yang datang ke Sumbar telah kembali ke negaranya, namun pemerintah harus tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penularan virus corona, tetap harus siaga.

“Pemerintah harus meningkatkan kewaspadaan, memetakan potensi pintu masuk penularan, yang kemungkinan tidak hanya melalui Bandara atau Pelabuhan, tapi juga mungkin ada yang masuk lewat darat,” ungkapnya saat mengunjungi dinas kesehatan Sumbar, Jumat (31/1/2020).

Tak hanya itu Yefri menambahkan pemerintah perlu mengupayakan pencegahan penularan dan hendaknya punya seperangkat prosedur kesiap siagaan.

Ombudsman mengapresiasi, Dinas Kesehatan telah berkolaborasi dengan Otoritas Bandara, Angkasa Pura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), melakukan thermo scanning, dan menerapkan prosedur yang ketat guna memastikan bahwa tidak ada turis yang membawa virus.

“Jika pemerintah tak yakin dan menyakinkan, masyarakat akan tambah khawatir.

Kedepan komunikasi publik dan menajemen resiko untuk soal-soal begini harus solid dan ditingkatkan. Harus ada sejenis pedoman kesiap siagaan dan yang paling penting pedoman itu, terinformasikan ke masyarakat luas. Kami dorong Dinas Kesehatan untuk melakukan itu,” tegas Yefri.

Menanggapi hal tersebut, Merry Yulisday, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat mengatakan, pihaknya sudah bekerja keras, dan memang ini belum selesai.

“Kami tetap harus pantau pintu masuk penularan, Kami harus tetap berkoordinasi dengan banyak pihak Otoritas Bandara, Angkasa Pura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Rumah Sakit, dan juga Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Sesuai saran Ombudsman, kita akan buka layanan informasi dan layanan pengaduan untuk soal-soal begini.

Dengan adanya nomor pengaduan, masyarakat bisa tanyakan segala informasi soal virus Corona, termasuk jika ada keluhan/pengaduan.

“Saran ini, akan kami segerakan, ini juga akan memberikan ketenangan kepada masyarakat, karena dapat akses informasi yang lebih cepat dan dekat,” pungkasnya.