Daerah Peristiwa Trendings

Hujan Deras, Akses Jalinsum di Padanglawas Utara Sempat Tertutup

Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Pangkal Dolok Julu, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padanglawas Utara, Sumatera Utara tertutup longsor, Sabtu (1/2/2020). Satu unit alat berat didatangkan ke lokasi untuk membersikan material longsor.

Menurut laporan, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Padang Lawas Utara sejak Jumat (31/1/2020) malam.di lokasi, longsor menyebabkan akses jalan yang menghubungkan 4 kabupaten di Sumatera Utara ini menjadi terganggu.Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung menurunkan satu unit alat berat di titik longsor.

Selama pembersihan material itu, petugas kepolisian Polsek Padang Bolak dan Koramil setempat siap siaga mengatur arus kendaraan di jalur tersebut. Selama pembersihan material di titik longsor, sejumlah kendaraan harus bersabar mengantre giliran melintas.

“Petugas di lapangan mengupayakan 1 jam selesai membersihkan material longsor, agar pengguna jalan dapat melewatinya kembali,” kata Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar.Sementara itu, akibat hujan deras juga menyebabkan tembok penahan tanah Jalinsum di Desa Pargarutan Tonga, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan amblas.

Amblasnya tembok penahan jalan tersebut dampak meluapnya Sungai Batang Kumal pada dini hari tadi.”Kami dari pemerintah Kecamatan meminta kepada seluruh pengendara yang datang dari arah Padangsidimpuan menuju Medan atau Gunung Tua maupun sebaliknya agar lebih waspada di daerah ini,” kaa Camat Angkola, Ricky Siregar.