Daerah Trendings

Satu Unit Sekolah Dasar dan 4 Warung Rusak Diterjang Puting Beliung di Padang

Fenomena puting beliung yang melanda Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat menyebabkan sebuah sekolah dasar dan empat warung mengalami rusak sedang, Sabtu (1/2/2020).

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra menjelaskan bahwa fenomena puting beliung terjadi siang tadi. Fenomena alam tersebut mengakibatkan atap dari dua kelas dan sebuah gudang di SD Negeri 09 Aia Pacah diterbangkan angin.

“Kejadiannya sekitar pukul 12.00 WIB,” ujarnya saat dihubungi Covesia sore ini.

Sementara itu, tak seberapa jauh dari SD Negeri 09 Aia Pacah, atap dan rangka atap dari empat buah warung copot karena puting beliung. “Empat warung itu satu baris,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa, sebagai tindak lanjut, BPBD Kota Padang telah terjun ke lokasi untuk melakukan pembersihan material yang mengancam. “Pembersihan tersebut selesai dilakukan sekitar 16.00 WIB,” ujarnya.

Sutan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Saat ditanya berapa jumlah kerugian yang ditimbulkan, dia menjawab, “Belum kami hitung.”

Dia mengimbau agar masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah apabila terjadi angin kencang. “Kemudian hindari parkir di bawah pohon,” ujarnya.