Entertainment Trendings

Cerita Hotman Paris Diminta Gus Sholah Ceramah di Tebuireng

Pengacara Hotman Paris Hutapea mengaku kenal dekat dengan Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang baru saja wafat di usianya ke-77. Dia menganggap Gus Sholah sebagai orang baik dan berintelektual tinggi.
Gus Sholah juga orang yang cinta perbedaan. Hotman mengaku pernah diundang untuk berceramah di depan ribuan santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur pada 2019 lalu. Padahal, Hotman beragama Kristen.
“Sosok almarhum termasuk tokoh Islam yang pintar, intelektual, akademis dan sangat netral, bayangkan akulah putra pertama Batak (beragama) Kristen, bisa masuk ke pesantren, itulah kehebatan beliau,” ucap Hotman di di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2).

Hotman juga menganggap Gus Sholah merupakan tokoh panutan yang mampu menjaga persatuan bangsa. Dia begitu tersanjung ketika diberikan sapaan ‘gus’ oleh Gus Solah.
Padahal, umumnya sapaan ‘gus’ diberikan kepada tokoh dari kalangan Nahdliyin.
“Kita tahu untuk melayat menghormati almarhum, karena saya pernah juga diundang kesini untuk memberikan ceramah, sudah kenal beliau puluhan tahun, bahkan nama saya ada gus, Gus Hotman beliau juga yang kasih (gelar),” ucapnya.
Hotman mendatangi Pondok Pesantren Tebuireng untuk bertakziah pada hari ini, Senin (3/2). Dia mengaku terbang dari Bali untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Gus Sholah.
“Saya langsung terbang dari Bali, harusnya masih bergoyang-goyang di pantai,” kata Hotman.

Hotman sedih ketika mendengar kabar Gus Sholah meninggal dunia. Baginya, Gus Sholah adalah tokoh nasional yang menginspirasi.
Dengan keilmuan yang tinggi, kata Hotman, Gus Sholah juga senantiasa berupaya untuk objektif dan tidak memihak dalam memandang sesuatu.
“Beliau itu berbobot, waktu dia bahas kasus hukum di Amerika kasih contoh-contoh sangat berbobot, jadi benar dia intelektualnya tinggi, dan netralnya itu tidak pernah memihak manapun, murni objektif,” kenangnya.
Salahuddin Wahid atau Gus Sholah wafat di usianya yang ke-77 pada Minggu malam (2/2). Dia meninggal dunia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.
Gus Sholah bakal dimakamkan di samping makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Gus Sholah memang adik kandung dari Gus Dur, cucu dari pendiri NU Hasyim Asyari.