Nasional Trendings

Dirut PT.KIM dan Wagubsu Resmikan Desa Wisata Sawah Pematang Johar

Staf Khusus 3 Kementerian BUMN Arya Sinulinga didampingi Trisilo selaku Dirut PT.KIM dan Wagubsu Ir.H.Musa Rajekshah meresmikan Desa Wisata Sawah di Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.Senin sore (03/02/2020).

Acara peresmian desa wisata sawah yang menjadi icon wisata tersebut ditandai dengan membuka plank desa wisata binaan PT.KIM yang berada di depan lokasi lahan sawah.

Sekaligus penguntingan pita oleh staf khusus kemeneg BUMN, Wagubsu dan Dirut PT.KIM beserta pejabat Forkopimda lainnya.

Acara peresmian desa wisata tersebut dihadiri staf khusus 3 Kemeneg BUMN Arya Sinulinga, Wagubsu Ir.Musa Rajeksah, Dirut PT.KIM Trisilo, Bupati Deli Serdang Anshari Tambuhan, Wakil Bupati Deli Serdang, Sekretaris Direksi Pelindo 1 M.Eriansyah dan Fiona Sari Utami beserta Forkompimda, rektor USU Untung Sitepu, Kasipenkum, Direktur Polairdasu, perwakilan Pangdam, Waka Polres Pelabuhan Belawan, Kepala Desa Pematang Johar Sudarman, Camat Labuhan Deli serta para undangan lainnya baik dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun elemen masyarakat lainnya.

Pembukaan acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu Desa dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Wisman Msi selaku kepala KUA Labuhan Deli.

Selanjutnya pemberian bantuan hewan ternak bebek dari Program binaan PKBL PT.KIM kepada Sukir selaku ketua kelompok peternak sebesar Rp50 juta.

Dilanjutkan pemberian bantuan dari staf khusus 3 kementrian BUMN Arya Sinulinga pada Bu Aisyah guru PAUD berupa buku.

Penyerahan bantuan dari PKBL PT.KIM pada Siti Aisyah selaku ketua TP PKK Desa Pematang Johar sekaligus acara penandatanganan kerjasama antara pihak PT.KIM dengan Kades Pematang Johar.

Dalam sambutannya Kades Pematang Johar, Sudarman memaparkan profil tentang lokasi Desa Sawah di Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli.

Kades mengucapkan terimakasih atas kehadiran para undangan di acara peresmian ini serta merasa bangga atas diresmikannya desa sawah di Desa Pematang Johar ini yang turut dihadiri tamu agung, semoga ini sebagai suport untuk terus berinovasi bagi kesejahteraan masyarakat.

Ide terciptanya desa sawah ini berawal dari adanya kunjungan Bupati Deli Serdang bersama dirinya di Bali yang ada lahan sawah sebagai lokasi wisata sawah.

Berangkat dari ide itulah terlahir wisata sawah bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018.

Terus bekerjasama dengan USU, Medan Area dan Stok Binaguna.

Karena PT.KIM letaknya berdampingan dengan desa pematang johar maka kami menyurati PT.KIM sehingga PT.KIM hadir pada waktunya memberikan dana CSR nya hingga desa sawah ini menjadi binaan PT.KIM.

Lebih lanjut Sudarman, ada 40 pedagang dan ratusan warga yang berperan mengerakkan ekonomi atas lahirnya wisata sawah ini.

Ada sekitar 1750 hektar sawah yang ada di Pematang Johar, potensi inilah yang dikelola menjadi wisata edukasi sawah kepada seluruh masyarakat.

Tak sekedar berwisata melainkan kita mengedukasi masyarakat dari mulai cara bercocok tanam padu, merawat hinggamemanen padi sampai menjadi beras yang nikmat untuk dimasak dan disantaf.

Kita punya komitmen 3 tahun kedepan wisata sawah terus bersolek nebjadi naik kelas di tingjat nasional mauoun internasional bersama Bumdes dan BUMN.

Kita juga mengembangkan produksi batik sawah asli produksi Desa Pematang Johar.Papar Sudarman.

Bupati Deli Serdang H.Anshari Tambunan dalam sambutannya merasa bangga pada Sudarman selaku Kades Pematang Johar yang telah berinovasi menciptakan desa Pematang Johar menjadi Desa wisata sawah sehingga menjadikan Desa Pematang Johar terbaik kedua secara nasional atau Se-Indonesia.

Bupati Deli Serdang berharap Kades lainnya bisa mengikuti jejak membanggakan dari Kades Pematang Johar tersebut.

Dalam amanatnya, Arya Sinulingga selaku Staf Khusus 3 Kementerian BUMN mengatakan, hebatnya Kades pematang Johar bisa mendatangkan tokoh dan pejabat nasional ke desa ini.
“Saya senang ternyata PT.KIM disini memperhatikan lingkungan dan membantu lingkungan sekitarnya,” ujar Arya singkat.