Kriminal Nasional Trendings

Antisipasi Narkoba dan Terjerat UU ITE, Kejari Agam Gelar Sosilisasi ke Sekolah

Ingatkan generasi muda dengan bahaya Narkoba dan UU ITE, Kejaksaan Negeri Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan sosialisasi ke sekolah di daerah itu.

Kepala Seksi Intelijen, Kejari Lubuk Basung, Devitra Romiza mengatakan, Program Jaksa Masuk Sekolah salah satu upaya yang dilakukan Kejaksaan Negeri Agam untuk membentengi prilaku anak-anak generasi dini dalam pergaulan sehari-hari.

“Tidak jarang anak usia dini ini mudah terpengaruh, rasa ingin ingin tahu dengan hal-hal yang baru, dan ingin merasa keren membuat mereka kebablasan dalam menggunakan media sosial, dan menghiraukan jeratan hukum yang akan di tanggungnya,” ujarnya saat memberikan sosialisasi di SMPN 1 Lubuk Basung, Selasa (4/2/2020).

Seluruh keluhan ditulis di media sosial lanjutnya, bahkan postingan di dunia maya merugikan atau mengusik seseorang atau pejabat negara, tidak jarang mereka menayangkan sesuatu yang mengandung kekerasan SARA dan seksual hal ini nantinya bisa berujung ke ranah hukum.

“Mengkritik tidak dilarang, namun semua ada aturannya, aturan-aturan inilah yang tidak seluruh pengguna medsos yang faham,” lanjutnya.

Dilanjutkan Devitra Romiza selain tidak terkontrolnya penggunaan media sosial, disisi lain Narkoba yang sudah menjadi ancaman utama generasi muda. Tidak jarang generasi dini tercebur dalam lingkaran hitam Narkoba akibat penasaran dan ajakan teman.

“Kita juga memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba serta hukum yang akan menjerat jika terbukti menyalahgunakannya,” ulasnya.

Dari pembekalan ini pihaknya berharap bisa menambah wawasan generasi muda, serta bisa menjauhkan diri hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan bangsa.