Nasional Politik

Bima Arya Dukung Asman Abnur Jadi Ketum PAN, Ini Alasannya

Bursa pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), kian memanas. Dukung mendukung bakal calon ketua umum (caketum) mulai terang-terangan disuarakan para petinggi PAN.

Salah satunya Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Sebagai Wakil Ketua Umum PAN, Bima Arya turut mengantar Asman Abnur mendaftarkan diri maju jadi caketum PAN. Bima Arya menjelaskan alasannya turut mengantar Asman Abnur.

“Saya dengan teman-teman mengantarkan Pak Asman dengan tiga alasan utama,” kata Bima Arya seperti dikutif dari detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Wali Kota Bogor itu menyebut Asman adalah sosok yang paling siap menjadi ketua umum PAN, setidaknya dari segi rekam jejak. Menurutnya, Asman terbukti memiliki rekam jejak yang lengkap baik di kepengurusan partai hingga di pemerintahan.

“Kami yakin Pak Asman ini paling siap karena punya rekam jejak yang sangat lengkap. Pernah memimpin daerah sebagai eksekutif, pernah menjadi legislatif baik lokal mau pun nasional, pernah memimpin partai sebagai bendahara. Pernah menjadi menteri sebagai pengusaha, sebagai politisi. Jadi tidak banyak kader kita yang lengkap seperti Pak Asman, itu satu rekam jejak yang lengkap dan paripurna, track recordnya memang track,” ujar Bima.

Ia menilai sosok seperti Asman sangat dibutuhkan PAN untuk menghadapi perkembangan situasi politik terkini. Sebab, Bima menyebut Asman merupakan figur yang bijak dan memiliki kematangan politik di atas rata-rata.

“Kedua, di tengah kondisi politik hari ini, kami butuh pemimpin yang matang yang bijak, ini ada di Pak Asman. Dengan jam terbang beliau yang panjang tadi Pak Asman punya keteguhan hati, punya kematangan berpolitik yang di atas rata-rata,” sebutnya.

Kemudian, Bima menyebut saat ini PAN membutuhkan figur yang bisa menghimpun semua kalangan internal partai untuk bersatu menghadapi Pilkada 2020. Bima yakin Asman akan bisa menghimpun semua aspirasi dari semua kalangan internal partai jika nantinya terpilih sebagai Ketua Umum PAN.

“Kami yakin bahwa sosok Pak Asman adalah sosok yang bisa diterima semua di dalam internal partai kami. Ketika beliau terpilih nanti insyaallah semua akan kami himpun, bergerak bersama-sama. Karena Pak Asman ini sosok yang relatif sangat bisa diterima oleh semua pihak, jadi komunikasi yang baik dengan semua,” tuturnya.

Pagi tadi, Asman Abnur resmi mendaftarkan diri sebagai bakal caketum PAN 2020-2025. Ia mengaku sangat serius maju dalam pemilihan ketua umum PAN tersebut.

“Pagi hari ini sesuai yang sudah disampaikan, ini proses pendaftaran bakal calon ketua umum. Saya datang untuk menyampaikan formulir ini menunjukan keseriusan saya betul akan menjadi calon ketua umum yang akan bertanding di Kendari,” kata Asman.