Daerah Nasional Peristiwa Trendings

Syaiful Ramadhan : Ada yang Tidak Beres Dalam Pembangunan di Kota Medan

Banyaknya persoalan bangunan menyalah dan melanggar aturan di Kota Medan membuat miris sejumlah pihak termasuk anggota Komisi IV DPRD Medan Syaiful Ramadhan. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan ini melihat ada yang tidak beres dengan persoalan bangunan di Medan sehingga setiap waktu banyak kasus aduan warga terkait bangunan bermasalah.

“Ini menjadi catatan kita, kenapa banyak sekali aduan dan laporan warga terkait bangunan bermasalah, baik itu bangunan tidak memiliki IMB atau bangunan memiliki IMB tetapi menyalahi dari peruntukannya,” ungkapnya kepada wartawan di Medan, Rabu (12/02/2020) siang.

Persoalan yang muncul sekarang ini diyakini sudah terjadi bertahun-tahun adalah bangun dahulu baru urus IMB. “Kita mendapat banyak laporan dari masyarakat terkait kasus seperti ini. Pada akhirnya dengan alasan untuk mendongkrak PAD, Pemko kemudian mengakomodir perizinannya meski banguna sudah berdiri,” jelas Syaiful, seraya mengungkapkan jika format penyelesaiannya seperti ini bukan tidak mungkin cara-cara serupa akan dijadikan pembenaran mereka yang akan mendirikan bangunan.

Jika cara kerja Pemko Medan seperti ini, Syaiful khawatir penataan Kota malah tidak sesuai dengan konsep yang dicanangkan Pemko Medan. “Bayangkan saja, satu bangunan yang dalam proses pembangunannya menyalahi satu item saja maka akan berdampak buruk di kemudian hari, misalnya saja AMDAL dan kajian lingkungannya. Dan hari ini kita mendapati banyak bangunan dipermasalahkan warga karena menyebabkan kemacetan dan persoalan limbah,” jelasnya.

Syaiful melihat ada masalah besar dalam setiap proses pengurusan Izin Bangunan. “Kita harus bisa memecahkan masalah ini, kenapa ada warga atau pengusaha atau investor yang membangun sepertinya ada kesulitan.Kita berharap kepada pemko dan pengusaha menjalankan peraturan yang berlaku juga pengusaha mentaati aturan,” paparnya.