Nasional Trendings

Terkait Karantina Rumah Terhadap 83 Warga, Ketua KNPI Sumut Ingatkan Petugas Jangan Lengah

Ketua KNPI Sumut El Adrian Shah mengingatkan agar petugas Dinas Kesehatan benar-benar memantau kesehatan ke-83 warga yang statusnya dikarantina rumah di Sumut terkait virus Corona. Meskipun mereka telah melewati pemeriksaan scanner di Bandara Kualanamu dan tidak memiliki ciri-ciri Virus Corona (n-CoV) menurut El tetap saja petugas tidak boleh lengah dan mengendurkan pengawasan selama 14 hari kedepan.

“Kita berharap petugas jangan sampai lengah untuk mengawasi saudara-saudara kita itu. Karena yang kita khawatirkan pas di pemeriksaan di Bandara tak terdeteksi, tapi setelah beberapa hari dirumah muncul pula tanda-tanda virus Corona. Ini yang kita khawatirkan karena penyebarannya sangatlah cepat dan jelas ini sangat meresahkan warga lainnya,”tegas El kepada wartawan di Medan.

Dan tidak kalah pentingnya lagi lanjut El, warga yang dikarantina harus benar-benar sadar dan diberikan pemahaman tentang apa-apa yang harus dia dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan kalau dirinya terjangkit virus Corona agar tidak menular ke warga lainnya.

“Tentu seseorang di karantina ada standar prosedur yang harus dijalankannya. Kita maunya petugas tak hanya memberi pemahaman saja tapi benar-benar memastikan kalau SOP itu benar dijalankan selama masa inkubasi Itu,”harapnya lagi.

Selain itu El juga berharap petugas kesehatan juga mensosialisasikan kepada warga khususnya yang berada di sekitar tempat tinggal ke-68 orang ini agar menghindari kontak fisik termasuk juga pihak keluarga warga yang dikarantina. Karena menurut informasi yang beredar kalau virus corona ini bisa menular lewat batuk, bersin, dan percikan dari cairan orang yang menderita.

“Upaya-upaya penegahan dan antisipasi harus benar dilakulan. Bila perlu Dinkes bagikan masker kepada warga di sekitar tempat tinggal yang dikarantina. Biar lebih sefty dan warga pun tak resah dibuat,”pungkasnya.