Daerah Kesehatan Politik

Akhir Pekan Ini WNI di Natuna Tuntas Jalani Observasi

Observasi WNI dari Wuhan, China akan segera berakhir. Sebanyak 238 WNI yang diobservasi di Lanud Raden Sadjad, Natuna akan selesai menjalani observasi pada Sabtu akhir pekan ini.

Dirangkum detikcom, Kamis (13/2/2020), para WNI itu dievakuasi dari Wuhan, China yang menjadi pusat virus corona pada Minggu (2/2) lalu. Mereka harus menjalani observasi selama 14 hari sesuai aturan dari protokol World Health Organization (WHO).

Mereka menjalani observasi terkait virus corona, meski para WNI dari Wuhan itu telah melalui proses screening dan dinyatakan sehat. Sejumlah kegiatan pun dilakukan para WNI itu di lokasi observasi, seperti berolahraga, makan bersama, hingga cukur rambut.

Masa observasi WNI selama 14 hari akan berakhir pada Sabtu (15/2) akhir pekan ini. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto awalnya menyebut teknis pemuangan 238 WNI ke daerah masing-masing masih dikoordinasikan.

“Jadi Sabtu ini kalau tanggal 15 itu berarti selesai ya. Tapi kita masih rapat koordinasi kan untuk bagaimana teknik pemulangannya dan sebagainya itu kan perlu dikoordinasi pakai pesawat apa, ke mana mereka punya alamat sendiri-sendiri,” kata Terawan di Grand Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/2).

Teranyar, Terawan mengatakan para WNI itu akan diterbangkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta terlebih dulu. Teknis kepulangan mereka, kata Terawan, akan diatur oleh tim tersendiri.

Mulih (pulang), dong. Kalau teknis nanti kan dibicarakan oleh tim teknis. (Terbang ke) Halim,” kata Terawan di Desa Penagi, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (13/2).