Kesehatan Nasional Trendings

Dampak Virus Corona, Padang Panjang Sediakan 500 Kg Bawang Putih Penuhi Kebutuhan Masyarakat 

Pemerintah kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) melalui dinas pertanian dan pangan menyediakan 500 kg bawang putih impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui operasi pasar.

Kepala dinas pertanian dan pangan kota Padang Panjang, Ade mengatakan dampak virus corona mengakibatkan akan kebutuhan bawang putih impor dari China berkurang ditambah melonjaknya harga di pasar.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita menyediakan 500 kg bawang putih melalui operasi pasar ini dengan harga jual Rp 32.000/kg,” katanya.

Ade menambahkan dalam sehari kebutuhan bawang putih di Kota Padang Panjang mencapai 100 kg, baik itu untuk kebutuhan rumah makan maupun rumah makan.

Dampak virus Corona itu juga membuat harga bawang putih impor di pasar menembus harga Rp 70.000/kg.

“Melalui operasi pasar ini masyarakat bisa mendapatkan bawang putih dengan harga murah sekaligus untuk menekan harga bawang putih di pasar,” ujarnya.

Sementara untuk mendapatkan harga bawang putih impor itu, dinas pertanian dan pangan Kota Padang Panjang membatasi pembelian maksimal 2 kg/orang dan tidak menjual dalam jumlah besar untuk dijual kembali.

Meski demikian, pemerintah akan berusaha menyediakan kebutuhan bawang putih impor yang memang penyuplai terbesar dari China.

Sementara itu, salah seorang warga Padang Panjang, Zulaiha mengatakan operasi pasar ini sangat membantunya untuk mendapatkan bawang putih dalam harga murah, karena menurutnya harga bawang putih dipasar melonjak dua kali lipat dari harga normal.

“Karena kebutuhan rumah tangga bawang putih sangat penting, dibeli dipasar harga masih mahal. Operasi pasar ini sangat membantu saya mendapatkan bawang putih dengan harga murah,” katanya.