Politik Trendings

Hari Kedua Penerimaan Berkas Dukungan Perseorangan, KPU Sumbar: Belum Ada yang Menyerahkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat semenjak kemarin 16 Februari 2020 telah membuka penerimaan berkas dukungan perseorangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada Pemilihan kepala daerah 2020, untuk diverifikasi. Sampai hari kedua, belum ada Bacalon yang menyerahkan berkas tersebut.

“Sampai saat ini belum ada Bacalon perseorangan yang menyerahkan berkas dukungan kepada KPU,” ungkap Komisioner KPU Sumbar, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Izwaryani kepada Covesia saat dihubungi, Senin (17/2/2020).

Dikatakan Izwaryani, setelah dilakukan penerimaan berkas ini akan diketahui hasilnya, apakah bakal calon perseorangan ini bisa mendaftar atau tidak.

Lebih lanjut untuk pendaftaran cagub dan cawagub dari perseorangan ini akan bersamaan dengan calon yang dari parpol pada tanggal 16-18 Juni 2020 mendatang.

Izwaryani mengatakan penerimaan berkas dukungan ini dibuka semenjak 16 Februari sampai 20 Februari. “Ada 3 macam berkas yang harus diserahkan oleh Bacalon perseorangan ini yakninya, surat pernyataan dukungan (B.1-KWK), daftar nama pendukung (B.1.1-KWK), dan rekap jumlah dukungan (B.2-KWK),” jelasnya.

Sementara itu, yang sudah mengambil password akun silon ada 2 pasang. Yakninya pasangan Fakhrizal-Genius Umar dan Samsu Jalal-Aldi Taher.

Meskipun sampai saat ini belum ada yg datang menyerahkan berkas. Menurut konfirmasi terakhir, pihak Fakhrizal akan datang pada tanggal 19 Februari. Sementara pihak Samsu Jalal belum ada konfirmasi.

Ia menambahkan, proses setelah penerimaan berkas ialah lanjut verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Di sinilah nantinya akan diketahui sahnya dukungan atau tidak.

“Untuk hal tersebut KPU telah menyiapkan 100 tenaga khusus untuk memverifikasi berkas yang diberikan oleh bakal pasangan calon,” kata dia.