Internasional Kesehatan Trendings

Direktur Rumah Sakit di Wuhan Meninggal Akibat Virus Corona

Satu lagi dokter di kota Wuhan, China, meninggal dunia akibat virus corona. Dokter bernama Liu Zhiming ini juga menjabat direktur salah satu rumah sakit di kota Wuhan.

Selasa (18/2/2020), kabar meninggalnya dokter Liu disampaikan oleh media nasional China Global Television Network (CGTN) dan televisi nasional China, CCTV, serta media nasional China lainnya, Global Times.

Disebutkan CCTV bahwa pihaknya mendapat informasi dari tim medis Peking Union Medical College Hospital yang dikirimkan ke Wuhan. Upaya medis yang dilakukan terhadap dokter Liu gagal dan nyawanya tidak terselamatkan.

Dokter Liu dilaporkan meninggal dunia akibat pneumonia yang disebabkan oleh virus corona pada Selasa (18/2) pagi, sekitar 10.30 waktu setempat.

Disebutkan juga bahwa dokter Liu menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Wuchang Wuhan di Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona. Semasa hidup, dokter Liu dikenal sebagai seorang dokter bedah saraf.

Sebelumnya pada dua pekan lalu, satu dokter lainnya di kota Wuhan, Li Wenliang, meninggal dunia akibat virus corona. Dokter Li semasa hidup diketahui menjadi whistleblower atau sosok yang melontarkan peringatan awal atas bahaya wabah virus corona. Dia sempat ditangkap otoritas setempat karena peringatan yang disampaikannya via aplikasi chat menjadi viral dan dianggap mengganggu ketertiban umum.

Diketahui bahwa puluhan ribu tenaga medis berada di garda terdepan dalam memerangi wabah virus corona di wilayah China daratan. Virus ini diyakini pertama muncul di sebuah pasar hewan di kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Hingga Selasa (18/2) waktu setempat, sudah 1.873 orang meninggal dunia akibat virus corona secara global. Jumlah total virus corona di wilayah China daratan dan 26 negara lainnya saat ini berada di angka 73.325 kasus.

Untuk kematian dokter Liu, dilaporkan sempat terjadi kebingungan di kalangan netizen China. Pada Senin (17/2) malam, departemen propaganda pada Partai Komunis China wilayah Provinsi Hubei memposting di media sosial bahwa dokter Liu meninggal dunia. Namun dalam postingan selanjutnya disebutkan dokter Liu masih hidup namun dengan bantuan alat penyokong kehidupan.