Politik Trendings

PKS Tetap Yakin Anies Lebih Baik dari Ahok Tangani Banjir dan Macet

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Mohammad Arifin mengatakan, Gubernur Anies Baswedan lebih baik dalam menangani banjir di Jakarta di bandingkan Ahok di periode sebelumnya. Buktinya, titik-titik banjir di Jakarta telah berkurang.

“Kan kalau yang kita kaji perbandingannya jauh lebih bagus yang sudah dilakukan Anies. Titik-titik banjirnya kan udah berkurang,” ungkap Arifin di kompleks DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Konteks pernyataan Arifin adalah ketika ditanya soal jebloknya nilai Anies terkait penanganan banjir, versi hasil survei Indo Barometer. Dalam survei itu, kinerja Anies lebih buruk dibandingkan Jokowi dan Ahok.

Arifin tak mau menanggapi survei itu secara langsung lantaran belum membaca secara menyeluruh. Namun menurutnya, Anies-lah yang sesungguhnya lebih berhasil.

“Kemudian pengungsi jauh lebih minimal di zaman Pak Anies dibanding gubernur sebelum-sebelumnya,” katanya.

Selain dalam hal penanganan banjir, Arifin menyebut Anies juga dinilai berhasil dibandingkan gubernur sebelumnya dalam penanganan macet. Penilaian itu sendiri, berbeda dengan hasil survei Indo Barometer yang menyebut Anies masih kalah dari Ahok.

“Contohnya beliau dapat penghargaan tingkat nasional dalam penanganan transportasi, urutan ketiga di dunia.

Ahok, peresmian Implementasi Program B30
Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama saat berswafoto bersama usai peresmian Implementasi Program B30 di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12).

“Program transportasi (Jak Lingko) terintegrasi, dan itu di jaman beliau,” pungkasnya.

Indo Barometer mengungkap hasil survei terhadap 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini mengukur tingkat keberhasilan tiga gubernur terakhir DKI.

Pengukuran difokuskan pada indikator kesehatan, pendidikan ekonomi warga, kemacetan dan penanganan banjir.

Adapun tingkat kepercayaan jajak pendapat ini mencapai 95 persen dengan margin of error 2,83 persen.

Soal penanganan banjir, sebanyak 42 persen responden menilai Ahok berhasil mengatasi banjir. Sedangkan 25 persen memilih Jokowi, 4,1 persen memilih Anies..

Selanjutnya, sebanyak 35,3 persen responden menilai Ahok berhasil menangani kemacetan. Selanjutnya adalah Jokowi yang dipilih 35,1 persen responden, dan Anies 8,3 persen responden.