Ekonomi Trendings

Pemko Bukittinggi Gelar Operasi Pasar Tekan Harga Bawang Putih

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar operasi pasar untuk menekan harga bawang putih impor yang melambung tinggi dijual di pasar, Rabu (19/2/2020).

“Operasi pasar ini bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan bawang putih dengan harga murah,” kata Erlina, Kepala bidang ketahanan pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi.

Erlina mengatakan kenaikan harga bawang putih impor disebabkan adanya kelangkaan dikarenakan adanya wabah Corona dari China yang mensuplai bawang putih, sehingga ketersediaan bawang putih di pasar menjadi langka dan harga jual mahal.

Sementara di pasar harga bawang putih dijual berkisar Rp 60 ribu perkilo dan dalam operasi pasar dijual Rp 32 ribu perkilo.

“Untuk Bukittinggi disediakan 2 ton bawang putih yang dijual di dua pasar yakni di kawasan pasar bawah dan pasar aur kuning, masing-masing1 ton,” ucapnya.

Setiap masyarakat hanya diperbolehkan membeli minimal 1 kg dan maksimal 3 kg.

Sementara itu seorang pembeli, Deswita menuturkan operasi pasar ini sangat membantunya untuk mendapatkan bawang putih dengan harga murah karena sebelumnya ia sempat membeli bawang putih seperempat kilo dengan harga Rp 20 ribu.

“Alhamdulillah bisa mendapatkan bawang putih dengan harga murah, karena di pasar harga jual bawang putih masih terbilang cukup mahal,” katanya.