Kriminal Nasional Trendings

Polrestabes Medan Serahkan Berkas Pembunuhan Hakim Jamal ke Kejari Medan

Medan – Tim Penuntut Umum Kejari Medan segera meneliti berkas perkara kasus pembunuhan Jamaluddin Hakim Pengadilan Negeri Medan yang telah diserahkan oleh penyidik Reskrim Polrestabes Medan.

Penyerahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus dugaan pembunuhan tersebut di antaranya Iptu M Said Husen, Iptu Ridwan, Aiptu B Doloksaribu, Bripka Okmabrata dan Briptu Eka S Hulu. Sedangkan yang menerima pelimpahan tahap I ke Kejari Medan diwakili Kasi Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) Parada Situmorang.

Saat dikonfirmasikan kepada Kasi Intel Kejari Medan M Yusuf, Kamis (20/02) membenarkan tentang pelimpahan berkas tahap I dari penyidik tersebut.

“Iya tadi ada pelimpahan tahap I. Kami (Kejari Medan, red) memiliki waktu paling lama 14 hari meneliti berkasnya, apakah sudah memenuhi syarat formil maupun materil sebelum perkaranya dilimpahkan ke pengadilan,” pungkasnya.

Sementara dilansir sebelumnya, Kasi Pidum Kejari Medan Parada Situmorang beberapa saat setelah menemui Ketua PN Medan Sutio Jumagi Akhirno, Selasa petang (28/1/2020) sudah melakukan koordinasi manakala perkaranya digelar.

“Itu makanya. Atas nama pimpinan, barusan saya koordinasi dengan pak Ketua PN Medan, khususnya menjelang perkaranya digelar. Salah satunya mengenai ruang sidang. Perkara ini diprediksikan akan menarik perhatian publik. Ruang sidang Cakra Utama PN Medan barangkali ruangan yang paling pas,” tuturnya.

Masih menurut Parada, dalam kasus ini pihak penyidik menurut rencana akan menghadirkan 79 saksi. Namun Kejari Medan memberikan masukan agar saksinya ‘dipangkas’ sejalan dengan prinsip peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Sebab bukti-bukti materil lainnya juga sudah disiapkan penyidik berkoordinasi dengan Kejari Medan. Hasil autopsi. misalnya.

Beberapa hari sebelumnya, Humas PN Medan T Oyong memprediksikan sidang perkara pembunuhan terhadap (alm) Jamaluddin bakal mengundang perhatian publik, terutama dari kalangan emak-emak.

“Sedangkan mengenai siapa saja majelis hakim yang dipercayakan menyidangkan perkara tersebut, merupakan kewenangan pimpinan PN Medan,” pungkas T Oyong.

Dalam kasus ini, penyidik beberapa waktu lalu telah menetapkan tiga tersangka yakni Zuraida Hanum (41) yang juga istri (kedua) hakim Jamaluddin, Jefri Pratama (42) dan Reza Fahlevi (29).

Warga menemukan mobil Land Cruiser, BK 77 HD dalam posisi menabrak pohon kelapa sawit di kawasan perkebunan Dusun II Namo Rindang, Desa Sukarame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019). Warga kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian.