Nasional

Ribuan Warga Medan Antusias Ikut CFD

Portalsumber.com, Medan,-Antusiasme masyarakat mengikuti car free day (CFD) terus meningkat. Minggu (1/3), ribuan masyarakat memenuhi Lapangan Merdeka untuk mengikuti kegiatan olahraga yang digelar dalam rangka untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi kendaraan bermotor tersebut.

CFD semakin meriah lagi karena ada dua acara yang digelar bersamaan yakni Fun Bike dalam rangka ulang tahun Ladon Club Indonesia dan Launching Maskot & Jingle Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan. Warga tampak gembira dan penuh semangat mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar.

Sejak pukul 06.00 WIB warga telah memenuhi Lapangan Merdeka yang juga merupakan titik 0 Kota Medan tersebut. Sebagian besar dari mereka datang membawa anggota keluarga untuk berolahraga. Ada fun bike, senam, jogging, badminton, sepatu roda maupun menggunakan fasilitas olahraga yang disediakan Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan & Pertamanan (DKP) Kota Medan di pinggir Lapangan Merdeka.

CFD merupakan agenda rutin Pemko Medan. Selain sosialisasi untuk mengurangi polusi udara, CFD juga sebagai ajakan kepada warga untuk gemar berolahraga agar senantiasa sehat dan bugar. “Jika masyarakat sehat dan bugar, tentunya seluruh program pembangunan yang dilaksanakan Pemko Medan dapat didukung. Itu sebabnya, setiap Minggu CFD kita gelar di Lapangan Merdeka,” kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadishub Kota Medan Iswar Lubis.

Guna mendukung ketenangan dan kenyamanan warga saat berolahraga di CFD, jelas Iswar sejumlah ruas jalan di seputar Lapangan Merdeka ditutup mulai pukul 06.00 s/d 10.00 WIB. Demi kelancaran masyarakat pengguna jalan melintas, Iswar mengatakan, Dishub Kota Medan bekerja sama dengan Satlantas Polresta Medan mengatur lalu lintas.

Di kesempatan itu, Iswar juga mengingatkan kepada seluruh warga untuk senantiasa menjaga kebersihan Lapangan Merdeka dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Jika Lapangan Merdeka bersih, tentunya kita akan merasa lebih nyaman berolahraga. Mari kita jaga kebersihan lapangan bersejarah ini bersama-sama,” ajaknya.