Politik

Megawati Semangati Calon Kepala Daerah dari PDIP yang Bakal Tarung di Pilkada 2020

Megawati semangati calon kepala daerah dari PDIP yang bakal tarung di Pilkada 2020

PortalSumber.com – Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri menyampaikan bahwa dirinya ingin mencari calon pemimpin yang mumpuni. Hal itu disampaikannya di hadapan 49 pasangan calon kepala daerah yang bakal diusung di Pilkada 2020.

Terkhusus pada calon incumbent, Megawati berpesan agar wajib memelihara fighting spirit atau semangat bertarung daerah kemajuan setiap daerah masing-masing.

“Kami melihat mereka yang selama ini melakukan tugasnya itu saya kira cukup baik. Tapi karena hanya mengharapkan dua kali sehingga fighting sprit itu hilang. Gejala itu mulai ada,” kata Presiden ke-5 RI ini, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Berdasarkan evaluasi PDI Perjuangan, lanjut Megawati, masih ada calon kepala daerah incumbent yang kehilangan semangat bertarung tersebut. Mereka terjebak dalam pengalaman sehingga melupakan kerja nyata.

Bukan hanya itu, Megawati juga mengatakan banyak dari mereka yang luput dari visi-misi partai. Oleh karenanya, ia mengingatkan agar para calon kepala daerah bisa bekerja merujuk modal dari visi-misi PDIP.

“Selalu saya katakan, saya selalu ingin mencari calon pemimpin yang mumpuni. Pemimpin yang mumpuni di dalam apa? Di dalam pemerintahan. Bukan pemimpin dalam agama, kebudayaan, meskipun blendingnya di situ. Karena tanpa agama dan kebudayaan praktis kehidupan itu tidak ada,” jelas Megawati.

Lebih jauh, Megawati mengimbau agar pasangan calon kepala daerah, jika telah terpilih dapat bekerja secara maksimal. Terlebih ada otonomi daerah yang memungkinkan hal tersebut.

Diketahui, hari ini PDI Perjuangan mengumumkan 49 pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020. Jumlah ini meliputi 48 pasangan calon kepala daerah untuk kabupaten/kota dan satu untuk gubernur.