Daerah Trendings

BNNP Sumbar Musnahkan 180 Kilogram Barang Bukti Ganja

PortalSumber.com  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar) memusnahkan barang bukti narkoba jenis ganja.

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan di halaman kantor BNNP Sumbar, Kota Padang, Rabu (11/3/2020) sore.

Pemusnahan barang bukti tersebut dihadiri oleh Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Khasril Arifin dan Bupati Pasaman Yusuf Lubis.

“Setiap kita melakukan penangkapan dengan jumlah besar, pasti kita sisihkan masing-masing sekilo untuk keperluan laboratorium dan barang bukti di pengadilan. Sisanya kita lakukan pemusnahan,” kata Khasril saat pembakaran barang bukti tersebut.

Ada 180,056 kilogram ganja yang dimusnahkan pada kesempatan kali ini. Barang bukti tersebut merupakan hasil penangkapan BNNP Sumbar di dua TKP di Sumbar.

TKP pertama yaitu Kabupaten Pasaman dengan tersangka atas nama Harfan Maulana (32) dan jumlah barang bukti 78 paket besar ganja diamankan pada 15 Desember tahun lalu.

Sementara itu, TKP kedua yaitu Kabupaten Agam dengan tersangka atas nama Wandi April Naldi Nanda (29) dan Hari Honesta (29) dengan jumlah barang bukti 105 paket besar ganja. Tersangka dan barang bukti diamankan BNNP Sumbar pada 18 Desember tahun lalu.

“Pemusnahan barang bukti tersebut sudah berdasarkan penetapan pihak pengadilan,” ujar Khasril.

Sementara itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat diwawancarai rekan-rekan pers di lokasi mengucapkan terima kasih kepada BNNP yang telah melakukan pemberantasan narkoba di Pasaman.

“Mudah-mudahan ke depannya jumlah narkoba yang masuk ke Sumbar khususnya yang lewat Kabupaten Pasaman semakin berkurang,” harapnya.

(rul/don)