Nasional

9 Unit Rumah Terdampak Banjir Bandang di Agam

PortalSumber.com – Curah hujan tinggi memicu terjadinya bencana banjir Bandang dan merendam 9 unit rumah warga di Nagari Sitalang Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (12/3/2020).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam M Luthfi Ar didampingi Kabid KL Syafrizal mengatakan, data yang terhimpun, banjir merendam lahan pertanian, menggenangi sembilan unit rumah warga, merusak jembatan penghubung Nagari Sitalang dan koto Alam, serta merusak bangunan MTsN. Sitalang.

“Itu data sementara yang kita himpun hingga pukul 18.00 Wib, saat ini masih dalam proses pendataan lebih lanjut,” katanya

Akibat peristiwa ini, akses lalu lintas Kecamatan IV Nagari dan Palembayan Putus Total. Tingginya debit air sungai d Batang Sitalang menghanyutkan badan jembatan. Selain itu Air bah juga merusak 3 ruangan dan menyisakan genangan lumpur di halaman MTsN di Nagari Batu Kambiang.

“Selain pendataan, upaya yang kita lakukan adalah melakukan penangganan, berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Nagari dan Jorong,” lanjutnya.

Banjir Bandang menghantam Nagari Batu Kambiang dan Sitalang sekitar Pukul 17.30 Wib. Debit air sungai meluap seketika menggenangi rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Namun tidak sampai 1 jam debit air kembali surut

“Untuk korban jiwa tidak ada, Saat ini BPBD, Polri, TNI Dinas Sosial, Tagana, Satpol PP Damkar Pemerintah Kecamatan, Nagari dan pihak terkait lainnya sudah berada dilokasi,” tutupnya.