Trendings

Pasca Penangkapan Terduga Teroris di Payakumbuh, Polres Limapuluh Kota Siaga

PortalSumber.com – Polres Limapuluh Kota mensiagakan seluruh personel pasca penangkapan terduga teroris di Kota Payakumbuh. Siaga ini untuk menangkal pelaku maupun paham radikal di Limapuluh Kota.

“Kita siaga. Seluruh personil siaga. Apalagi Bhabinkamtibmas. Seluruh lini baik di perbatasan maupun di pemukiman masyarakat Kami pantau agar tidak berkembang paham radikal dan pelakunya ke Limapuluh Kota,” sebut Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Sri Wibowo kepada Covesia.com, Rabu (12/3/2020).

Disebutkannya, bibit paham radikal memang ada di Limapuluh Kota. Pasalnya, pernah Polres Limapuluh Kota mendeteksi ada rumah ibadah yang penceramahnya selalu mensuarakan hal-hal provokasi. Ceramah tersebut mengajak para jemaahnya untuk membenci pemerintah, negara, dan agama yang tidak sejalan dengan paham mereka. Walaupun masih satu agama.

“Bibitnya ada di Limapuluh Kota. Pernah kami deteksi rumah ibadah yang seperti ini. Hanya saja dari pantauan setahun terakhir sudah tidak ada aktivitas seperti itu lagi. Tetapi tetap terus kami pantau. Apalagi kemarin ada terduga teroris tertangkap di wilayah tetangga,” sebutnya.

Kapolres turut meminta kepada masyarakat untuk membantu pihak kepolisian dalam menutup ruang dan kesempatan para pelaku paham radikal untuk mengembangkan ideologinya ke tengah masyarakat.

“Jika ada yang melihat dan mendengar unsur pemahaman radikal, harap lapor kepada kami. Biasanya yang membawa paham ini adalah orang luar dari Limapuluh Kota,” katanya.

Sebelumnya, Densus 88 Mabes Polri menangkap satu orang terduga teroris di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kota Payakumbuh, Selasa (11/3/2020). Sejumlah barang bukti berupa dokumen, HP, Laptop dan buku diamankan petugas.