Nasional Politik

Pemko Bukittinggi Ajukan Banding Terkait Sengketa Tanah Fort de Kock

PortalSumber.com – Pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan banding atas hasil putusan sidang kasus tanah Fort de Kock di pengadilan negeri klas I B Bukittinggi.

“Atas hasil putusan sidang di Pengadilan Negeri Klas I B Bukittinggi Rabu (11/3/2020) kemaren maka pemko Bukittinggi akan mengajukan banding,” kata Walikota Bikittinggi Ramlan Nurmatias, Kamis (12/3/2020).

Ramlan mengatakan tanah yang bersengketa itu akan di bangun kantor DPRD, dimana pemerintah kota pemilik asli 12 sertifikat tanah di kawasan Mangis Ganting Fort de Kock tanpa melalui perantara yang dibeli langsung dari pemilik tanah pada tahun 2007 dengan luas tanah 8.200 meter persegi.

Di tahun 2016, Ramlan Nurmatias meminta kepala BPN untuk tunjuk tanah atas tanah milik pemko yang dibeli yang disaat itu Stikes Fort de Kock juga membeli tanah dikawasan yang sama.

“Tiga kepala BPN yang menjabat pada periode berbeda saat itu telah melakukan tunjuk tanah dan mengatakan tanah pemko 2.200 meter persegi dipakai diatas bangunan Stikes Fort de Kock dan hanya tersisa 6.000 meter persegi,” jelasnya.

Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bukittinggi Kelas I B, mengabulkan sebagian gugatan perkara sengketa tanah antara Stikes Fort de Kock Bukittinggi dengan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam perkara perdata nomor : 28d/Pdt.G/2019/PN.Bukittinggi, Rabu (11/3/2020).