Trendings

Warga Temukan Bunga Rafflesia Mekar di Pasaman Barat

PortalSumber.com – Warga Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menemukan Bunga Rafflesia mekar sempurna di lahan masyarat Jorong Sigantang, Nagari Persiapan Batahan Utara, Kecamatan Ranah Batahan.

Salah seorang warga setempat, Endra Warman (40) mengatakan Bunga Rafflesia itu ditemukan paling besar berdiameter sekitar 30 Centimeter.

“Ada satu buah Bunga Rafflesia sedang mekar sempurna dengan diameter sekitar 30 Centimeter. Tiga buah sudah membusuk dan lima buah lagi belum mekar sempurna,” terang Endra Warman kepada Covesia.com, Kamis (12/3/2020).

Setidaknya kata Endra Warman ada 10 titik munculnya cikal bakal Bunga Rafflesia di daerah tersebut.

“Empat titik lokasinya berada di lahan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Hutan Kemadyarakatan (HKM) Gunung Sigantang. Kemudian enam titik lagi berada dikawasan Hutan Lindung (HL) Jorong Sigantang, Nagari Persiapan Batahan Utara, Kecamatan Ranah Batahan,” tambahnya.

Saat ini kata dia areal penemuan Bunga Rafflesia itu dilakukan pengawasan dan penjagaan bersama masyarakat setempat secara swadaya.

“Kami juga menjadikan destinasi wisata lokal baru bagi warga yang ingin melihatnya. Tetapi tetap dalam penjagaan dan pengawasan kami bersama masyarakat,” katanya.

Ia menyebutkan di lokasi tersebut memang sudah tiga kali tumbuh Bunga Rafflesia.

“Biasanya dua kali tumbuh dan mekar dalam setahun. Makanya kami sangat menjaga keberadaan Bunga Rafflesia ini disamping memang sudah diatur dalam Undang-undang,” tutupnya.