Nasional

Cegah Corona, ITP Berlakukan Seluruh Kegiatan Akademik Melalui Daring

PortalSumber.com – Institut Teknologi Padang (ITP) mengeluarkan surat edaran Nomor 425/27.O10.1/OT/III/2020 tentang upaya pencegahan penyebaran terhadap Corona Virus (Covid-19). Bertanggal Minggu (15/3/2020), surat edaran tersebut ditandatangani oleh Rektor ITP Hendri Nofrianto.

Di dalam surat edaran tersebut, Hendri mengingatkan seluruh sivitas akademika ITP agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan pedoman Menteri Kesehatan. Dosen, karyawan, dan mahasiswa ITP juga diimbau untuk menggunakan masker selama berada di lingkungan kampus.

“Selama masa pendemi Covid-19, pimpinan, pejabat struktural, dan karyawan ITP diizinkan untuk tidak datang ke kampus apabila mengalami sakit,” ujarnya.

Hendri mengatakan bahwa, mulai 16 Maret 2020 sampai dengan 31 Maret 2020, seluruh kegiatan akademik baik perkuliahan, bimbingan PA, maupun TA dilakukan melalui daring. “Selama masa ini, dosen diimbau untuk tetap melaksanakan tugasnya dari kediaman masing-masing dengan melaporkan kegiatannya kepada Kaprodi,” jelasnya.

Sementara itu, untuk seminar proposal, ujian tugas akhir, dan ujian kerja praktek dapat dilakukan seperti biasa dengan tindakan kewaspadaan dan pencegahan infeksi Covid-19 selama surat edaran berlaku.

ITP juga akan menunda atau menjadwalkan ulang seluruh kegiatan akademik dan non akademik yang melibatkan banyak peserta dalam satu lokasi, baik di dalam maupun di luar kampus.

“Apabila ada dosen, karyawan, dan mahasiswa ITP yang terindikasi suspect Covid-19, yakni suhu tubuh mencapai 37,5 derajat celcius, dapat menginformasikan kepada Humas ITP dengan nomor 0811669224 atau 082169115998,” ujarnya.

Untuk langkah antisipasi, kata Hendri, apabila di lingkungan tempat tinggal sivitas akademika ITP terdapat indikasi suspect Covid-19, agar dapat melaporkan ke Posko Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Sumbar.

“Kebijakan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan sampai dengan 31 Maret 2020 dan akan disesuaikan dengan situasi selanjutnya,” pungkasnya.