Trendings

Antisipasi Covid-19, SMKN 1 Sutera Wajibkan Siswa Cuci Tangan Sebelum UNBK

PortalSumber.com – Salah satu bentuk upaya mengantisipasi Covid-19, ratusan siwa SMKN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, diwajibkan mencuci tangan sebelum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang di mulai pada Senin (16/3/2020) sampai Kamis (20/3/2020).

Pantauan Covesia.com dilapangan Selasa (17/3/2020), setiap siswa mencuci tangan dengan sabun yang telah di sediakan oleh pihak sekolah, tepat didepan ruangan ujian sebelum masuk dan memulai ujian.

Hal ini tak hanya diberlakukan kepada seluruh siswa yang akan melaksanakan ujian saja tapi juga pada setiap guru-guru yang hadir beserta pengawas ujian.

“Sebelum melakasanakan ujian, secara teratur satu persatu siswa, harus mencuci tangan dengan sabun yang telah di sediakan, begitu juga dengan guru-guru dan pengawas ujian,”sebut Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera Lili Suryati pada Covesia.com Selasa (17/3/2020).

Menurutnya, hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan Sumatra Barat dan Kementerian Pendidikan dalam upaya mengantisipasi virus Corona Disease-19 (Covid-19).

“Sesui intruksi upaya antisipasi penularan Covid-19, kita laksanaka sesuai dengan SOP yang berlaku,”ujarnya

Selain, melakukan cuci tangan sebelum ujian sebutnya upaya lain, seperti menganjurkan siswa menggunakan masker juga di berlakukan, Namun hal itu tidak terlaksana disebabkan tidak adanya stok masker di daerah tersebut.

“Sebenarnya, kita juga menyediakan dan menganjurkan untuk memakai masker. Tapi, kita tidak mendapatkan stok masker, karena tidak ada yang jual,”ujarnya lagi

Ia menerangkan, ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di sekolah tersebut, berlangsung selama empat hari, mulai dari Senin-Kamis.

Sementara untuk jadwal ujian, pihak sekolah membagi jadwal dengan tiga sesi ujian.

Dimana, sesi pertama di mulai dari pukul 07.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00 WIB.

“Karena keterbatasan komputer, ujian dibagi tiga sesi dengan jumlah siswa yang ikut sebanyak 231 siswa dari empat jurusan yaitu, Akutansi dan Keuangan Lembaga, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Audio Video dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik,”jelasnya

Lanjutnya, ia berharap kepada seluruh siswa yang sedang melaksanakan ujian, tetap fokus pada ujian yang sedang dijalani, ditengah-tengah ancaman Covid-19.

“Ya, kita beharap siswa tetap fokus ujian, dalam maraknya isu dan ancaman bahaya Covid-19. Tetap fokus ujian. Tapi, kita juga harus tetap menjaga kesehatan kita dengan langkah-langkah mengantisipasi Covid-19, sesuai dengan apa yang telah dianjurkan,”tutupnya