Daerah

Pemko Pematangsiantar Siapkan Dana Tidak Terduga

PortalSumber.com – Pemko Pematangsiantar menyetakan darurat bencana virus corona atau Covid 19. Dana disiapkan untuk mengantisipasi dan menanggulangi wabah virus corona. Biaya penanggulangan covid masuk dana tidak terduga.

“Sesuai dengan peraturan perundang undangan apabila dalam keadaan darurat, kita dapat menggunakan dana apapun. Karena dana TT [Tidak terduga] sudah kita cukup, maka kita ambil dari dana TT,” kata Midian Sianturi, ditemui Rabu (18/3/2020).

Dana tidak terduga dicairkan bila keperluan misalnya fasilitas alat pelindung diri [APD] bagi tenaga medis perawat dan dokter yang menangi pasien. Kemudian biaya medis pasien terkait virus corona. “Kita sudah persiapkan itu dari dana TT. Ketika status darurat dana itu bisa dipergunakan,” ucap Kepala BPBD Pematangsiantar ini.

Kata Midian, yang kini jadi Ketua Pelaksana Tim pencegahan dan penagggulangan covid-19 Pematangsiantar, selain dana tidak terduga, sumber dana lain juga dapat digunakan dalam status darurat. “Dana darurat tidak terbatas, tergantung kebutuhan dilapangan. Jadi itu harus didahulukan. Dana TT kita standby,”jelasnya.