Kesehatan

Lima Warga Pasbar Berstatus ODP Covid-19

PortalSumber.com – Satuan Tugas (Satgas) pencegahan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melaporkan lima warga setempat berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

“Kelima warga ini baru saja pulang dari luar negeri. Mereka pulang dari negara yang terinfeksi virus corona (Covid-19). Makanya kita tetapkan status ODP,” terang Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Pasbar, Edi Busti, Jumat (20/3/2020).

Edi Busti mengatakan saat ini dilakukan pengawasan dan pemantauan dengan ketat terhadap kelima warga tersebut.

“Kami juga terus mengecek kesehatan kelima warga ODP ini. Kemudian melakukan penanganan lain sesuai protokol yang ada,” katanya.

Pihaknya juga sudah memerintahkan kepada kelima warga itu untuk mengisolasi diri secara mandiri dirumah masing-masing.

“Kemudian kami sudah menegaskan kepada mereka agar tidak melakukan kontak sosial dengan masyarakat luar lainnya. Agar segala kemungkinan penularan dapat dicegah sebelum adanya korban infeksi Covid-19,” katanya.

Edi Busti juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menetapkan tanggap darurat Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona Virus Disease (COVID-19) untuk 30 hari kedepan.

“Terhitung mulai hari ini (20/3) hingga tanggal 20 April 2020 mendatang. Dalam masa tanggap darurat ini akan dimanfaatkan dalam melakukan pencegahan sebelum ada kasus COVID-19,” tutupnya.

(hri)