Kesehatan

Waspada Corona, RSUD Lubuk Basung Tiadakan Kunjungan Pasien

PortalSumber.com – Cegah penularan Virus Corona (COVID-19), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat meniadakan kunjungan untuk pasien rawat inap di rumah sakit.

Direktur RSUD Lubuk Basung, Syahrizal Antoni mengatakan, aturan tersebut diberlakukan hari ini hingga kondisi aman kembali.

“Keputusan ini diberlakukan dari hari ini sampai waktu tidak ditentukan atau setelah kondisi sudah aman,” ujarnya saat dikondirmasi Covesia, Jumat (20/3/2020).

Dijelaskannya, untuk pasien rawat inap hanya diperbolehkan didampingi keluarga maksimal dua orang, para pendamping ini akan dilakukan deteksi dini dan diberikan kartu penunggu oleh petugas RSUD Lubukbasung. “Bagi mereka yang tidak memiliki kartu itu, tidak diperbolehkan masuk oleh petugas keamanan,” katanya.

Selain itu, seluruh pengunjung RSUD Lubuk Basung hanya boleh masuk melalui pintu yang telah ditentukan. Bagi pasien yang akan berobat memiliki suhu tubuh tinggi dan mengalami sesak nafas, maka langsung dirawat di ruang isolasi.

Pihaknya juga sudah melakukan mempersiapan baik peningkatkan Kapasitas SDM terutama kepada kepada petugas garda terdepan seperti dokter dan perawat yang bertugas di Paru-paru.

“Jika ada temuan, segera ditangani diruang isolasi khusus oleh petugas dengan memakai pelindung diri lengkap, setelah diberi pertolongan darurat segera dirujuk ke RSUP M Djamil Padang,” lanjutnya.

Pihaknya juga menginstruksikan seluruh Puskesmas untuk gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak panik, namun selalu meningkatkan kewaspadaan, selalu menjaga kesehatan serta menjaga daya tahan tubuh.

“Segera periksa kondisi tubuh apalagi jika mengalami gangguan pernafasan, jaga pola makan serta kesehatan,” tutupnya.